Jasa Marga Mau Terapkan Tol Nirsentuh

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 5 Desember 2023 14:22 WIB
Gerbang Tol Cileunyi (Foto: Jasa Marga)
Gerbang Tol Cileunyi (Foto: Jasa Marga)

Jakarta, MI - Setelah uji coba yang berhasil di jalan tol Bali Mandara kemarin, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) sedang mempertimbangkan untuk menerapkan transaksi jalan tol non-tunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) di area tol tambahan.

Menurut Lisye Octaviana, sekretaris perusahaan dan kepala kelompok pembangunan masyarakat Jasa Marga, pihaknya terus bekerja sama dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI).

"Masih ada beberapa yang belum ditanggapi keseluuruhan. Kita prinsipnya masih terus bahas dengan BPJT dan ATI, diharap bisa sebagai upaya peningkatan layanan dan perwujudan sistem transaksi yang man dan nyaman," ungkap Lisye dalam paparan publik di Jakarta, Senin, (4/12).

Meski demikian, Lisye belum bisa mengemukakan lebih lanjut terkait ruas tol mana nantinya yang akan dilakukan uji coba MLFF. Pasalnya, ini merupakan salah satu proyek yang bersinergi dengan pemerintah.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah sukses melakukan simulasi penerapan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh Multi Lane Free Flow (MLFF) atau bayar tol tanpa buka kaca atau tapping di Jalan Tol Bali-Mandara, Rabu lalu (22/11).

Setelah Tol Bali Mandara, penerapan sistem MLFF akan diperluas, termasuk ke tol di Jakarta dan Jawa Barat.

"Jadi pertama Bali dulu, pekan kedua Desember Bali. Nanti dievaluasi, kalau oke baru kita masukkan di sekitar Jakarta dan Jawa Barat," tutupnya. (Ran)