Perusahaan Induk Tiktok Investasi di GOTO, Tiktok Shop Kembali?

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 6 Desember 2023 10:42 WIB
Live Tiktok ( Foto: ShutterStock )
Live Tiktok ( Foto: ShutterStock )

Jakarta, MI – Perusahaan induk TikTok dikabarkan telah mencapai kesepakatan kerja sama jangka panjang dengan PT Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO). Investasi ByteDance di GOTO akan menjadikan e-commerce global di negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara.

Dilansir Bloomberg, Selasa (4/12), ByteDance akhirnya sepakat untuk bekerja sama dengan Tokopedia milik GOTO di beberapa area, ketimbang bersaing langsung dengan platform e-commerce tersebut. 

"TikTok dan Tokopedia berencana untuk mengumumkan rincian kerja sama tersebut secepatnya pada minggu depan," ujar sumber yang tidak ingin disebutkan namanya kepada Bloomberg.

 Meskipun kedua perusahaan telah mencapai kesepakatan informal, rincian akhir dari aliansi tersebut masih dalam tahap pembahasan sehingga dapat berubah sebelum akhirnya diumumkan secara resmi.

Adapun, sumber Bloomberg juga menambahkan bahwa kesepakatan antara TikTok Shop dan Tokopedia masih perlu mendapatkan persetujuan regulasi dan masih berpotensi mengalami kegagalan.

Investasi di Tokopedia dapat menjadi yang pertama bagi anak perusahaan ByteDance tersebut. Kinerja TikTok Shop sebelumnya tumbuh pesat sejak awal tahun hingga beberapa bulan silam.

Namun, perkembangan TikTok Shop di Indonesia melawan Sea Ltd. dan Tokopedia terhenti ketika keluhan dari pedagang lokal muncul.  Kini, kerjasama dengan pihak lokal dapat menjadi model bagi TikTok dapat melakukan ekspansi di pasar lain seperti Malaysia, yang pemerintahannya telah mengisyaratkan kesediaan untuk meninjau kembali pengaruh pemain luar negeri seperti TikTok.

Bulan lalu, TikTok dan GOTO dikabarkan tengan mendiskusikan potensi investasi. Namun, opsi lainnya adalah usaha patungan (joint venture) . Hal tersebut mencakup pembangunan platform e-commerce baru.

Terkait hal tersebut, perwakilan dari TikTok dan GOTO menolak untuk memberikan komentarnya. (Ran)