Aksi Boikot Produk Israel Diprediksi Sampai Akhir Tahun

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 6 Desember 2023 20:01 WIB
Aksi Boikot Produk Israel (Foto: Antara)
Aksi Boikot Produk Israel (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Menurut Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), gerakan boikot produk yang berafiliasi dengan Israel akan berakhir tahun ini. Tren boikot akan berakhir seiring tahun depan akan diselimuti isu pemilihan umum.

Direktur Eksekutif API, Danang Girindrawardana mengatakan adanya aksi boikoit terhadap produk berafiliasi Israel turut menurunkan bisnis penjualan, meskipun tidak signifikan.

“Sampai tahun ini tidak akan terjadi meski penurunan penjualan juga tidak signifikan, tren berakhir tahun ini karena tahun depan misi diplomasi cukup kuat dan jajaran pemerintah juga melawan aksi bokiot dilindungi pemerintah,” ujarnya usai acara Proyeksi Ekonomi Indonesia 2024, Rabu (6/12).

Menurutnya aksi ini juga tidak akan mengancam pemutusan hubungan kerja. Sebab, justru yang terjadi aksi boikot ini dinilai tidak tepat sasaran.

“Keluhan terkait aksi kurang fair karena yang terdampak secara langsung bukan pemilik brand yang boikot tapi dampak ekonomi masyarakat kita sendiri, ekonomi kita, owner kita,” ucapnya.

“jadi kurang fair bahwa tindakan aksi ini yang diarahkan menghukum Israel karena produknya tapi tidak kena kesana,” lanjutnya.(Ran)