Dana Pemilu Pengaruhi Kenaikan Daya Beli

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 7 Desember 2023 00:34 WIB
Ilustrasi Retail (Foto: Microsoft)
Ilustrasi Retail (Foto: Microsoft)

Jakarta, MI - Sebuah survei konsumen yang dilakukan oleh BNI Sekuritas menunjukkan bahwa segmen toko eceran dengan pendapatan rendah mengalami penurunan penjualan. Penjualan pada awal bulan November 2023 alami penurunan, meskipun pada pertengahan bulan, ada peningkatan mereka mulai yang lebih baik.

Tim Research BNI Sekuritas memperkirakan pengeluaran sebelum Pemilu dan inisiatif bantuan sosial pemerintah akan menjadi semakin penting dalam meningkatkan disposable income dari segmen pendapatan rendah pada tahun 2024.

“Meskipun hal ini mungkin terlihat positif bagi retailer karena gaji berkontribusi 27% dari laba kotor mereka, tim Research BNI Sekuritas melihatnya sebagai potensi merugikan bagi disposable income konsumen, terutama di kalangan segmen berpendapatan rendah, ungkap Patricia Gabriela selaku Institutional Equity Senior Analyst BNI Sekuritas, dalam keterangan pers, Rabu (06/12).

Tim Research BNI Sekuritas juga mengamati, bahwa konsumen berpendapatan rendah tetap price-sensitive, yang terlihat dari peningkatan traffic pelanggan mereka ke retailer yang menawarkan diskon lebih tinggi dan/atau harga lebih rendah.

"Hal tersebut tentunya membuat identitas brand kurang menjadi faktor penentu," ujar Patricia.

Sementara, menurut Patricia, retailer yang menargetkan segmen kelas menengah terus menunjukkan peningkatan kinerja, terutama karena konsumen mereka sudah mempersiapkan diri untuk perayaan akhir tahun yang akan datang. (Ran)