Anies Mau Sewa Rumah Warga untuk Pasang Solar Panel

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 12 Desember 2023 08:46 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di sekolah berkonsep green building di Ragunan (Foto: PPID Jakarta)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di sekolah berkonsep green building di Ragunan (Foto: PPID Jakarta)

Jakarta, MI - Anies Baswedan, calon presiden nomor urut satu, menjelaskan rencana besar Indonesia untuk mencapai emisi Net Zero pada tahun 2060.

Ia menyatakan bahwa semua pihak berkepentingan harus bekerja sama untuk mengubah energi terbarukan menjadi sumber daya baru, dan ini membutuhkan rencana kerja dan kolaborasi.

Ia menilai rumah-rumah warga bisa dijadikan peluang usaha, dimana atap rumah bisa disewakan untuk solar panel.

"kalau kita mencoba cek cari tempat kosong membangun solar panel Mission Impossible di Urban, tapi bila rumah menjadi tempat untuk disewakan dan dunia usaha menyewa ke situ pemerintah tinggal menciptakan regulatornya," kata Anies dalam acara Dialog Apindo Debat Capres 2024, Jakarta, Senin (11/12).

Sehingga, seluruh rumah itu nantinya mendadak menjadi lahan untuk membangun solar panel, khususnya di kawasan perkotaan.

"Menurut kami harus disusun bersama-sama antara negara dengan pelaku usaha khususnya,"

Perlu diketahui, pemerintah Indonesia menargetkan pada tahun 2025 energi baru terbarukan (EBT) diharapkan mencapai 23 persen. Namun saat ini EBT di RI masih diangka 12 persen.

"Dalam waktu 2 tahun itu mission impossible," tegasnya.

Kemudian, menurut Anies, sangat penting menyediakan insentif bagi konsumer dan mendorong agar kawasan urban sebagai pengguna energi terbesar mulai bertransformasi kepada EBT.

"Di Jakarta, sebagai contoh public transport itu harus sudah mulai bergeser ke elektrik. Kita sudah mulai dan kita berharap di tahun 2030 semua pabrik transport di Jakarta itu elektrified," jelasnya.