Sri Mulyani Tambah Rp9 T untuk BLT El Nino

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 16 Desember 2023 09:38 WIB
Ilustrasi Pemberian BLT (Foto: Antara)
Ilustrasi Pemberian BLT (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Kementerian Sosial (Kemensos) menerima tambahan anggaran sebesar Rp9 triliun dari APBN 2023 dari Menteri Keuangan Sri Mulyani. Penambahan ini merupakan bagian dari program bantuan sosial yang sedang digarap oleh Presiden Joko Widodo.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan bahwa presiden Joko Widodo meningkatkan anggaran untuk beberapa kementerian, termasuk Kemensos, sebagai tanggapan terhadap kondisi ekonomi saat ini.

"Untuk Kemensos tambahan anggaran cukup besar, tahun ini ditambah Rp9 triliun karena ada paket bantuan El Nino dalam bentuk BLT, bantuan langsung tunai," ucap Sri Mulyani dalam Konferensi Pers APBN KiTA, Jumat (15/12).

Selain untuk bansos, tambahan anggaran itu juga akan digunakan untuk program bantuan gagal ginjal akut progresif atipikal pada anak dan program rumah sejahtera terpadu.

Jokowi baru saja mencairkan BLT El Nino Rp400 ribu. BLT tersebut diberikan guna membantu masyarakat di tengah lonjakan harga pangan.

Lebih lanjut, Sri Mulyani mengatakan penambahan anggaran terbesar diberikan kepada Kementerian PUPR, yakni sebesar Rp46,3 triliun.

Tambahan dana ini, kata dia, adalah untuk membantu perbaikan jalan rusak di daerah dan penanganan bencana alam.

"Karena PUPR mendapat tambahan penugasan berdasarkan prioritas yang ditetapkan presiden, seperti penanganan jalan," ucap Sri Mulyani.

Pemerintah juga memberikan tambahan anggaran sebesar Rp4,1 triliun untuk Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Ristek dan Teknologi. Anggaran digunakan untuk pengadaan sarana prasarana perguruan tinggi, pendidikan dan pelatihan vokasi, serta tunjangan profesi guru dan dosen non PNS.(Ran)