Sistem Bayar Tol Nirsentuh Masih Pakai Gerbang, Ini Penjelasan Vendor

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 17 Desember 2023 12:44 WIB
Sistem Multi Lane Free Flow (Foto: DnaIndia)
Sistem Multi Lane Free Flow (Foto: DnaIndia)

Jakarta, MI - Pada Jumat, 15 Desember 2023, Indonesia mulai menguji teknologi jalan tol non-tunai nirsentuh, juga dikenal sebagai Multi Lane Free Flow (MLFF), atau bayar tol tanpa kartu di Tol Bali-Mandara.

Renaldi Utomo Djojohadikusumo, direktur PT Roatex Toll System (RITS), menjelaskan bahwa sistem MLFF agak berbeda dibandingkan dengan sistem di negara lain.

“Di luar negeri yang sudah menjalankan sistem ini tidak ada gerbang, karena ini Indonesia kita mendengarkan banyak nasihat kita juga mendengarkan anjuran pemerintah jadi masih menggunakan palang,” kata Renaldi kepada wartawan di Nusa Dua Beach, Bali, Jumat (15/12).

Karena masih menggunakan palang, menurut Renaldi ini menjadi suatu tambahan development di sistem MLFF yang saat ini sedang diuji. Adapun Untuk sistem MLFF sendiri, Roatex sudah siap, tetapi karena ada tambahan transisi menggunakan palang jadi harus diuji coba.

Penggunaan palang dalam tahap uji coba juga dilakukan Roatex untuk meminimalisir risiko loss. Karena dalam teknologi MLFF masih ada potensi loss.

“Kami yakin kenapa pemerintah sekarang dimulainya dengan menggunakan barier sebagai salah satu solusi menghindari loss. Untuk jangka panjang kuncinya masyarakat harus mendaftar, masyarakat harus mendapat kesempatan mencoba MLFF,” jelas Renaldi.

Karena MLFF masih dalam tahap uji coba awal, Renaldi belum dapat mengumumkan kapan teknologi MLFF akan digunakan sepenuhnya oleh semua masyarakat di Indonesia. (Ran)