Debat Ekonomi, Tiga Cawapres Diharapkan Tak Janji Manis

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 22 Desember 2023 12:29 WIB
Pengamat Politik Fernando Emas (Foto: Dok MI)
Pengamat Politik Fernando Emas (Foto: Dok MI)

Jakarta, MI -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat kedua di Jakarta Convention Center, (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat (22/12) malam nanti. Debat kedua ini untuk tiga calon wakil presiden (cawapres).

Ketiganya yakni Mahfud MD, Gibran Rakabuming Raka, dan Muhaimin Iskandar.

Jelang debat, tentunya perlu mempersiapkan materi yang akan disampaikan agar bisa meningkatkan tingkat kesukaan dan keterpilihannya pada pilpres 2024. Apalagi dari ketiganya tidak ada yang memiliki latar belakang pendidikan ekonomi sehingga sangat menguasai ekonomi.

"Saya berharap apa yang disampaikan ketiga cawapres sesuai dengan harapan masyarakat terkait dengan ekonomi, investasi, infrastruktur dan perdagangan betul-betul sesuai dengan apa yang menjadi harapan masyarakat," harap pengamat politik Fernando Emas.

Apalagi tema yang akan dibahas sangat ingin diketahui oleh masyarakat terkait dengan program dan arah kebijakan masing-masing pasangan capres dan cawapres walaupun yang akan berdebat adalah cawapres.

Bagaimana kebijakan dan program dari masing-masing, lanjut Fernando, akan sangat dinanti karena terkait dengan pertumbuhan ekonomi, tingkat daya beli masyarakat dan kesejahteraan masyarakat. 

"Sehingga perlu bagi cawapres perlu menyampaikan secara detail terkait dengan program yang disampaikan agar dipahami dan kemudian bisa dituntut ketika tidak mampu merealisasikannya," tutupnya.

Untuk diketahui tema debat malam ini yakni membahas masalah ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital). Kemudian, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.