Bakal Mati-matian Gibran Lindungi Pelaku UMKM

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 22 Desember 2023 21:00 WIB
Cawapres Gibran Rakabuming Raka  (Foto: MI/Dhanis)
Cawapres Gibran Rakabuming Raka (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Dalam debat calon wakil presiden (cawapres) 2024 yang digelar pada pada Jum'at (22/12) malam, cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka bakal mati-matian melindungi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Hal itu akan dilakukan di tengah gempuran semakin mudahnya jual-beli di platform pasar daring (e-commerce). "Kita kedepan harus melindungi UMKM," tegas Gibran.

Gibran pun mengamini pernyataan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD yang menyatakan para pelaku UMKM juga harus terus didorong literasi keuangan dan literasi digitalnya.

Menambahkan pernyataan Cak Imin, Gibran juga ingin meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Tujuannya agar daya saing para pelaku UMKM bisa terus meningkat. "Kita juga harus siapkan, ada penguatan sumber daya manusia, penguatan manusia digitalnya," beber Gibran.
 
Tak hanya itu, cawapres Prabowo Subianto itu juga memfokuskan diri untuk memperhatikan masalah pencurian data, selain soal pinjaman online (pinjol) dan judi online (judol) yang semakin menekan masyarakat kecil.

Dalam hal pencurian data, Gibran akan memperkuat keamanan siber (cyber security) dan pertahanan siber (cyber defense kita. Hal tersebut bahkan sudah dilakukannya dengan Solo Technopark, melalui Sekolah Cyber Security.

Dan yang perlu ditekankan lagi adalah bagaimana para e-commerce ini bisa comply dengan regulasi. Jadi, tegas dia, sudah tidak ada lagi nanti kedepan yang namanya shadowban, yang namanya price dumping.

"Yang namanya barang-barang cross border yang membunuh UMKM kita. Karena itu, kita ingin anak-anak muda untuk ikut andil dalam hilirisasi digital yang akan ktia canangkan sebentar lagi," tandas Gibran. (Wan)