Kekeuh Anies Bangun 40 Kota Sebanding Jakarta, Jika...

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 25 Desember 2023 13:15 WIB
Capres nomor urut 1, Anies Baswedan (Foto: Dok MI)
Capres nomor urut 1, Anies Baswedan (Foto: Dok MI)

Jakarta, MI - Calon presiden (vapres) nomor urut 1, Anies Baswedan, berkomitmen untuk membangun 40 kota sebanding dengan Jakarta jika terpilih pada Pemilihan Umum 2024 mendatang.

Anies menjelaskan bahwa pendekatan pembangunan yang akan dilakukannya berbeda dengan konsep pembangunan kota baru, seperti yang diusulkan dalam konsep Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Kami tidak bermaksud mengembangkan lahan baru menjadi kota baru, melainkan meningkatkan kota-kota yang sudah ada," ujar Anies saat menghadiri sebuah diskusi bersama mahasiswa di Gor Stadion Jatidiri Semarang, Jawa Tengah, pada Minggu (24/12).

Menurut Anies, hingga saat ini, Jakarta tetap menjadi kota dengan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) tertinggi dibandingkan dengan kota-kota lain di Indonesia.

"Lalu kota lain kecil-kecil. Apalagi semakin timur dari Jawa itu semakin kecil," ujar dia.

Untuk itu, jika dia terpilih menjadi presiden akan membuat strategi untuk meningkatkan kota-kota lain agar mempunyai kemampuan ekonomi lebih tinggi.

"Dan di situ dibangun fasilitasnya apa, transportasi umum yang baik kemudian infrastruktur usaha yang baik agar kota-kota ini naik kelas," imbuhnya.

Anies memberikan contoh, bahwa di Sulawesi sudah memiliki Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang signifikan. Oleh karena itu, daerah sekitarnya seperti Parepare perlu ditingkatkan.

"Kami ingin menciptakan hal tersebut, bukan dengan mengembangkan lahan baru atau memulai dari awal," jelasnya.

Melalui pendekatan ini, Anies yakin bahwa pemerataan akan segera terwujud.

"Dengan membangun seperti itu, diharapkan pemerataan akan terjadi," tandas Anies.