Cak Imin akan Temui Luhut Buktikan Program Industri Hilirisasi Pemerintah "Ugal-ugalan"

Zefry Andalas
Zefry Andalas
Diperbarui 28 Januari 2024 07:23 WIB
Calon wakil presiden no urut 01 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. (Foto: ANTARA)
Calon wakil presiden no urut 01 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. (Foto: ANTARA)

Jakarta, MI – Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berjanji akan temui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, untuk membuktikan bahwa program industri hilirisasi memang ugal-ugalan.

Cak Imin mengatakan akan menghubungi Luhut jika kampanye yang sedang dilakukannya sedikit lenggang.

"Nanti kalau kampanye mulai agak reda, ini saya lagi di daerah, tentu akan saya temui Pak Luhut, saya ajak ke daerah-daerah tambang," kata Cak Imin setelah Deklarasi Dukungan Laskar Santri di Wonosobo, Sabtu (27/1).

Perseteruan antar Luhut dan Cak imin terjadi pasca debat cawapres minggu lalu (21/1), saat debat cak Imin mengatakan program hilirisasi industri yang dilakukan oleh Presiden Jowo Widodo (Jokowi) ugal-ugalan.

Menurut Cak Imin, hIilirisasi industri merusak lingkungan, Selain itu, hilirisasi dinilai tak memberikan dampak ekonomi nyata untuk masyarakat sekitar tambang.

Luhut merespons pernyataan Cak Imin dengan menantang pembuktian. Dia ingin mengajak Cak Imin untuk mengunjungi tambang nikel di Morowali di Sulawesi.

Tantangan itu diterima oleh Cak Imin. Lalu Luhut menunggu telepon dari calon wakil presiden pendamping Anies Baswedan itu.

"Jangan terus cepat berburuk sangka atau tidak mengerti latar belakangnya, terus berkomentar, seperti yang bilang ugal-ugalan. Ya sudah pergi saja sana dia (Muhaimin) lihat," kata Luhut di Kantor Kemenko Marves, Jakarta, Jumat (26/1).

Dia menambahkan, "Kalau dia bilang, Muhaimin mau ketemu saya, dia ada nomor telepon saya. Telepon saja, kapan. Pergi dia sana."