Ini Penjelasan Prabowo Tentang Sumber Anggaran Program Makan Siang Gratis

Zefry Andalas
Zefry Andalas
Diperbarui 1 Februari 2024 10:18 WIB
Calon presiden no urut 02 Prabowo Subianto dalam acara The Political Outlook and Economic Outlook 2024 "The urgency to ignite growth" di Ballroom 1 The Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (31/1). (Foto: MI/Zefry)
Calon presiden no urut 02 Prabowo Subianto dalam acara The Political Outlook and Economic Outlook 2024 "The urgency to ignite growth" di Ballroom 1 The Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (31/1). (Foto: MI/Zefry)

Jakarta, MI – Calon presiden no urut 02 Prabowo Subianto, dalam acara The Political Outlook and Economic Outlook 2024 "The Urgency to Ignite Growth", memaparkan tentang landasan dari program makan siang gratis hingga sumber anggaran yang akan digunakannya nanti.

Prabowo mengatakan, dasar dari program makan siang gratis adalah pembasmian terhadap gizi buruk (stunting) bangsa Indonesia. Program penurunan stunting yang dilakukan oleh pemerintah sebelumnya akan diperbaiki ole Prabowo dengan program makan siang gratis, sebab dalam pelaksanaannya anggaran yang digunakan sering tidak tepat sasaran.

“Pak Jokowi menemukan, salah satu kasus yang paling besar adalah anggaran stunting, beliau (Presiden Jokowi) periksa di salah satu daerah kalo tidak salah anggaranya 10 miliar, 8 miliar dipake untuk perjalanan dinas, rapat kerja, hanya 2 miliar yang dipake buat beli susu dan telor untuk anak-anak. Ini kelewatan,” ungkapnya, di Ballroom The Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (31/1).

“Atau kecenderungan kita juga gini, anggaran stunting bikin baliho besar-besaran. Abis itu ada satu lagi, sosialisasi stunting,” tambahnya.

Prabowo mengaku dirinya pernah menghadiri acar sosialisasi stunting di salah satu daerah di Jawa Timur. Dalam acara itu, ada hal yang membuatnya tercengan yaitu ketika pejabat menghimbau masyarakat untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi akan tetapi salah seorang dari masyarakat berkata kami tidak punya makanan bergizi.

“Saya pernah hadir kalo gak salah di Jawa Timur, kira-kira ada 5.000 orang yang hadir. Si pejabat dari pusat memberikan ceramah tentang stunting. Saudara-saudara nanti kalo ngasi makan ke anakmu harus yang bergizi 4 sehat 5 sempurna. Tapi ada rakyat teriak, pak makanannya yang gak ada!,” ungkap Prabowo.

Dari situlah, lanjut Prabowo, maka satu program yang dicanangkan adalah free launch for our children di Indonesia. Free launch sudah kita hitung dan free launch ini adalah langkah strategis. Ini bukan hangout. Dan ternyata, 76 negara sudah melaksanakan free launch di sekolah-sekolahnya.

Termasuk negara-negara yang perkapita income nya setengah dari Indonesia. India sudah melaksanakan, kalau tidak salah sudah lima tahun lebih. Kamboja sudah melaksanakan. Mereka berani. Kamboja , Thailand, Malaysia berani.

“Tentunya semua bertanya uangnya dari mana?,” ucap Prabowo.

Prabowo menjelaskan, anggaran dari program makan siang gratis bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang dialokasikan untuk perlindungan atau bantuan sosial tahun 2024 sebesar Rp 493 triliun.

“Tentunya, everybody will ask, uangnya dari mana? Saudara-saudara, APBN sekarang alokasi untuk bantuan sosial adalah Rp493 triliun. Saya bertanya, apakah memberi makan untuk anak-anak Indonesia yang kurang gizi sekarang, apakah itu tidak termasuk bantuan sosial?” paparnya.