Didukung Jokowi, Tahun Ini Nasabah PNM Mekaar Tembus 20 Juta

Zefry Andalas
Zefry Andalas
Diperbarui 13 Februari 2024 08:55 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. (Foto:MI/Zefry)
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. (Foto:MI/Zefry)

Jakarta, MI — Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan Program Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar terus menunjukkan pertumbuhan yang menggembirakan. Pertumbuhan tersebut tidak terlepas karena adanya dukungan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Tanpa dukungan Presiden, Erick menegaskan, program tersebut mustahil akan menyentuh 20 juta nasabah tahun ini,” kata Erick pada acara Jakarta International Velodrome, Jakarta, Senin (12/2).

Erick menyebutkan, Presiden telah mengedepankan perhatian terhadap perkembangan Ultra Mikro di Indonesia melalui program PNM Mekaar.

Pertumbuhan jumlah nasabah PNM Mekaar, menurut Erick, terjadi juga karena pendampingan yang baik kepada seluruh nasabah. PNM juga sukses melakukan pembinaan berkelanjutan kepada nasabahnya hingga dapat membentuk ekosistem pengusaha kecil yang jujur, disiplin, dan mau kerja keras. Hal ini terbukti dengan kinerja baik para nasabah.

"Sesuai dengan arahan Presiden RI, sejak awal saya jadi Menteri BUMN, saya meyakini bahwa UMKM itu harus menjadi landasan ekonomi nasional, sehingga tidak hanya yang besar saja yang terus berkembang, namun yang kecil juga harus terus bertumbuh untuk menjadi pengusaha UMKM yang makin tinggi kelasnya, dan menjadi besar juga," kata Erick.

Program PNM Mekaar, merupakan program yang efektif mendorong pengusaha ultra mikro agar naik kelas menjadi pengusaha mikro. Atas dukungan Presiden, Erick meyakini bahwa akan ada 1 juta pengusaha ultra mikro yang naik kelas menjadi Mikro.

Erik menegaskan, kenaikan status pengusaha ultra mikro menjadi mikro ini jangan dianggap remeh. Sebab, Program PNM Mekaar telah menjadi bukti bahwa BUMN berhasil membantu ultra mikro di Indonesia dalam perbaikan ekonomi di tingkat keluarga prasejahtera.

“Program PNM Mekaar telah menjadi salah satu penyelamat perekonomian Indonesia saat merangkak bangkit usai didera Pandemi Covid-19. Keseluruhan pencapaian ini didapat ibu-ibu nasabah Mekaar melalui bantuan yang difasilitasi oleh PNM sebagai anak usaha BRI yang difokuskan untuk pembiayaan ultra mikro,” ucapnya.

Turut mendampingi Erick Thohir, hadir Direktur Utama BRI Sunarso, Direktur Utama PNM Arief Mulyadi, Direktur Utama Pegadaian Damar Latri Setiawan, dan Direktur Utama RNI Frans Marganda Tambunan. Disamping itu, Ibu-ibu nasabah Mekaar juga mendapatkan paket sembako serta berkesempatan untuk memenangkan doorprize dengan hadiah utama sepeda motor.