Menko PMK Beberkan Biang Kerok Kemiskinan

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 5 April 2024 10:38 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy (Foto: MI/Aswan)
Menko PMK Muhadjir Effendy (Foto: MI/Aswan)

Jakarta, MI - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy menyatakan bahwa faktor utama penyebab kemiskinan di Indonesia dan membuat pemerintah merancang berbagai program bantuan sosial (bansos). Hal itu disampaikan, dalam sidang lanjutan sengketa Pilpres 2024 di MK, Jakarta Pusat, Jumat (5/4/2024).

Dijelaskannya, bahwa dengan komposisi garis kemiskinan makanan 408.522 atau 74,21% dan garis kemiskinan bukan makanan sebesar 141.936 atau 25,79%. "Maka dengan demikian dapat kami simpulkan bahwa faktor pembentuk kemiskinan di Indonesia 3/4-nya adalah komoditas pangan," kata Muhadjir,

Hal itu berdasarkan perhitungan yang berdasarkan besaran pengeluaran masyarakat. "Komposisinya terdiri dari garis kemiskinan dan garis kemiskinan bukan makanan. Lewat hal itu, disimpulkan bahwa faktor pembentuk kemiskinan di Indonesia adalah komoditas pangan," bebernya.

Adapun isu bansos ini juga menjadi salah satu hal yang disorot dalam permohonan pasangan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud dalam pengajuan gugatan sengketa pilpres di MK.