Said Iqbal: Wajar Besaran Upah Buruh di Jakarta Ideal Rp 7 Juta per Bulan

Tim Redaksi
Tim Redaksi
Diperbarui 1 Mei 2024 17:46 WIB
Said Iqbal (Foto: Ist)
Said Iqbal (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Presiden Partai Buruh, Said Iqbal, menilai upah buruh di Jakarta yang ideal dan wajar sebesar Rp 7 juta per bulan. "Upah yang ideal untuk Jakarta menurut Survei Biaya Hidup (SBH) Badan Pusat Statistik (BPS) itu di atas Rp 5,2 juta.

Bahkan, kalau dibagi rata-rata per kepala itu (upah ideal) menyentuh Rp 7 juta," kata Said Iqbal, kepada publik, Rabu (1/5/2024). 

Said menambahkan, angka itu ideal dan pantas guna memenuhi kebutuhan hidup masyarakat di Jakarta yang relatif tinggi. 

Namun sesuai catatan Monitorindonesia selama ini sebelum dilakukan penandatanganan dan penetapan besaran UMP DKI tiap tahun, pemerintah selalu mempertimbakan kemampuan perusahaan diimbangi dengan kebutuhan para pekerja barulah ditetapkan besaran UMP dan ditandangani gubernur kepala daerah.

Namun versi buruh beda akibat kebutuhan hidup per bulan tidak cukup. Sebaliknya, kondisi perbandingan dan kemampuan pengupahan dari industri tidak mampu. Makanya sering terjadi perselisihan dwi partit antara buruh dan perusahaan industri.

"Hitung saja, sewa rumah Rp 900.000, sekali konsumsi Rp 30.000, berarti Rp 90.000 sehari, dikali 30 hari sudah Rp2,7 juta," ujar Said sambil menambahkan,  
ditambah lagi pengeluaran transportasi diperkirakan mencapai Rp 700.000 per bulan. "Dari pengeluaran segitu sudah Rp4,3 juta. Itu baru yang habis dibuang, bagaimana dengan pakaian, jajan anak? Enggak akan cukup kalau upah minimum Rp 4,9 - Rp 5,1 juta," kata Said Iqbal.

Karena itu, Said menilai upah buruh di Jakarta yang ideal minimal Rp 7 juta per bulan. 

Sebagai informasi, massa buruh dari berbagai federasi dan organisasi memadati Stadion Madya GBK, Jakarta Pusat, untuk memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) hari ini, Rabu (1/5/2024). 

Sebelumnya, mereka sempat berkumpul di kawasan Patung Kuda lalu melakukan longmarch atau jalan santai berkeliling daerah MH Thamrin dan Patung Kuda. Setelah itu, massa mulai berkumpul di Stadion Madya GBK sekitar pukul 13.00 WIB untuk menghadiri May Day Fiesta. (Sar)