Hampir 3 Tahun Gabung Pertamina, Keponakan Jokowi jadi Manager, Pengamat: Cawe-cawenya Makin Licin!

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 7 Juni 2024 16:24 WIB
Pengamat Kebijakan Publik, Fernando Emas (Foto: Dok MI/Pribadi)
Pengamat Kebijakan Publik, Fernando Emas (Foto: Dok MI/Pribadi)

Jakarta, MI - Penjunjukan Bagaskara Ikhlasulla Arif, keponakan Joko Widodo atau Jokowi sebagai Manager Non-Government Relations di PT Pertamina (Persero) dinilai cawe-cawe Jokowi makin licin.

Adapun jabatan baru ini diemban sejak Maret 2024. Sebelum di Pertamina, diketahui Bagaskara Ikhlasulla Arif menjabat di PT Bank Rakyat Indonesia.

Pengamat kebijakan publik Fernando Emas begitu disapa Monitorindonesia.com, Jum'at (7/6/2024) sore, menyatakan tidak masalah kalau memang dia murni direkrut sebagai profesional. Namun tetap saja akan dicurigai oleh banyak pihak bahwa pengangkatan Bagaskara tidak lepas dari pengaruh Jokowi yang merupakan pamannya.

"Jokowi akan dianggap memanfaatkan posisinya untuk menempatkan keluarga pada posisi-posisi strategis dan memberikan manfaat pribadi. Apalagi Bagaskara baru 3 tahun bergabung dengan Pertamina, sehingga masih banyak seniornya yang lebih layak menempati posisi tersebut," kata Fernando.

"Saya menganggap pengangkatan Bagaskara tidak terlepas dari dirinya sebagai keponakan Jokowi, bukan karena kemampuannya karena saya meyakini masih banyak yang lebih mampu dan lebih layak dibandingkan Bagaskara," tambah bos Rumah Politik Indonesia (RPI) itu.

Pengangkatan Bagaskara sebagai Manager Non-Government Relations PT Pertamina, lanjut dia, semakin menunjukkan bahwa cawe-cawe Jokowi makin licin, tidak hanya pada jabatan politik saja seperti pada saat pilpres dan sangat mungkin pada pilkada yang akan datang tetapi juga pada perusahaan-perusahaan BUMN yang dianggap besar. 

Tekait hal ini, Fernando Emas beharap kepada pimpinan PT Pertamina benar-benar harus melakukan perekrutan secara prefesional bukan hanya karena ingin menyenangkan Jokowi dan keluarganya. 

"Ingat! PT Pertamina punya negara yang harus dikelola dengan baik untuk kepentingan negara dan masyarakat," tandas Fernando Emas.

Sebelumnya, Bagaskara Ikhlasulla Arif, keponakan Presiden Joko Widodo, telah ditunjuk untuk memegang jabatan sebagai Manager Non-Government Relations di PT Pertamina (Persero).

Bagaskara menerima posisi ini setelah sebelumnya bekerja di PT Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso angkat suara mengenai hal ini. Dia menyebut, Bagaskara mulai berkarier di Pertamina sejak 2021 hingga menempati posisi yang cukup strategis di BUMN minyak dan gas bumi (migas). 

Keponakan Jokowi itu masuk melalui jalur profesional lantaran punya kompetensi yang mumpuni.  Menurut Fadjar, Pertamina biasa melakukan rekrutmen melalui experienced hired sesuai kebutuhan dengan melihat kompetensi kandidat. 

“Benar per Maret 2024. Masuk Pertamina tahun 2021 melalui jalur profesional. Pertamina biasa melakukan rekrutmen melalui experienced hired sesuai kebutuhan dengan melihat kompetensinya,” ujar Fadjar saat dikonfirmasi, Kamis (6/6/2024).