Harga Cabai Naik Rp 5.000 di Pasar Jakarta Jelang Idul Adha

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 7 Juni 2024 16:46 WIB
Suasana di pasar tradisional di Jakarta. (Foto: Dok MI)
Suasana di pasar tradisional di Jakarta. (Foto: Dok MI)

Jakarta, MI - Harga cabai mengalami kenaikan sebesar Rp 5.000 di pasar-pasar tersebar di wilayah DKI Jakarta. Pengamatan di lapangan terpantau di pasar tradisional Senen, Jakarta Pusat, pada Jumat (7/6/2024) pagi, harga berbagai jenis cabai mengalami kenaikan sebesar Rp 5.000. Harga cabai rawit merah kini dijual Rp 35.000 per kilogram dari sebelumnya Rp 30.000.

Sementara cabai merah kriting dijual seharga Rp 40.000 per kilogram dari sebelumnya Rp 35.000. Harga cabai rawit hijau di jual dengan harga Rp 45.000 per kilogram dari sebelumnya Rp 40.000.

Sementara, harga tomat, bawang putih, dan bawang merah, serta sayur mayur masih dijual dengan harga normal. Karena itu, tidak tertutup kemungkinan muncul masalah baru yakni rasa kekhawatiran para pedagang jika harga akan mengalami kenaikan, membuat daya jual beli masyarakat menurun.

Contoh kenaikan harga cabai naik menjelang Iduladha seperti cabai merah keriting mengalami kenaikan di Pasar Mampang dan Pasar Senen. "Ada kenaikan harga cabai, namun baru mulai hari ini. Kemungkinan akan naik lagi pas mendekati Iduladha" kata Berson, (45), pedagang di Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Karena perekonomian masyarakat belum pulih, maka para pedagang dan masyarakat berharap pemerintah tetap menjaga kestabilan harga, terutama sembako. Apalagi kebutuhan akan meningkat saat perayaan hari raya Iduladha. 

"Ya sebenarnya keberatan sih harga naik, tetapi setiap tahun memang begini, sudah biasa naik begitu, inginnya kita biasa saja" harap Hendra (34), seorang pembeli di Pasar Senen. (Sar)