Bupati: Koperasi Harus Mampu Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Daerah

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 13 Juli 2024 08:32 WIB
Pj Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono. (Foto: Antara)
Pj Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono. (Foto: Antara)

Kabupaten Tangerang, MI - Pejabat (Pj) Bupati Tangerang, Andi Ony Prihartono menilai bahwa keberadaan koperasi harus mampu meningkatkan perekonomian  dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tangerang.

"Koperasi harus mampu meningkatkan perekonomian yang ada di Kabupaten Tangerang, dimana koperasi sebagai soko guru ekonomi harus juga mampu memacu dan mendorong pertumbuhan usaha ekonomi mikro yang ada di Kabupaten Tangerang," kata Andi saat menghadiri puncak perayaan HUT ke77 Koperasi tingkat Kabupaten Tangerang 2024 di Alun-alun Tigaraksa Puspemkab Tangerang, Jumat (13/7/2024).

Ia mengatakan, di momentum HUT Koperasi ini sangat penting untuk merefleksikan sejauh mana peran koperasi di Indonesia, khususnya di Kabupaten Tangerang agar semakin strategis dan vital dalam meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat. "Hari Koperasi ini memiliki momentum bagi peran strategis dan vital koperasi di masyarakat, terutama dalam mendorong perekonomian," ujarnya.

Ia menilai pendampingan dan pembinaan terhadap koperasi harus terus dilakukan agar mereka tetap produktif dan aktif. Pemkab Tangerang saat ini telah melakukan pendampingan dan pembinaan kepada sekitar 800 lebih koperasi dari sekitar 1.800 koperasi yang ada di Kabupaten Tangerang.

"Kita akan terus memperluas pendampingan dan pembinaan kepada seluruh koperasi yang ada, kemudian mendukung usaha UMKM dalam mendukung pembangunan Kabupaten Tangerang. Semoga dengan adanya momentum ini juga menjadikan semacam awal untuk kebangkitan koperasi di Kabupaten Tangerang,"ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Anna Ratna Maemunah mengungkapkan gerakan pengelolaan koperasi ini sebagai mengkonsolidasi, akselerasi dan ekskalasi ekonomi mikro dan kecil ke dalam gerakan koperasi di Kabupaten Tangerang.

"Peringatan Hari Koperasi ke-77 ini sebagai momentum untuk mensosialisasikan koperasi secara masif dan menambah wawasan masyarakat mengenai koperasi dan pentingnya berkoperasi," pungkasnya. (AM)