Industri Keramik Merosot, Harga Gas Mahal dan Barang Impor Murah Jadi Biang Kerok

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 17 Juli 2024 6 jam yang lalu
Pabrik Produksi Keramik (Foto: Ist)
Pabrik Produksi Keramik (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengungkap penyebab terpuruknya industri ubin keramik di Indonesia adalah dengan terjadinya kenaikan harga gas yang tinggi dan masuknya barang impor dengan harga murah.

Pejabat Fungsional Pembina Industri Direktorat Industri Semen, Keramik dan Pengolahan Bahan Galian Non Logam (ISKPBGNL) Kemenperin Ashady Hanafie mengatakan keramik merupakan salah satu sektor industri yang masuk dalam prioritas karena memiliki daya saing tinggi.

"Ubin keramik sudah lama memiliki permasalahan berat, tahun 2018 kita mulai mengajukan, sudah suffer itu. Parahnya itu, kenapa industri keramik kita drop, karena ada kenaikan harga gas, sebelumnya 2015, kita jaya, daya saing kita tinggi," ujar Ashady di Jakarta, kemarin.

Kata Ashady, industri ubin keramik, kaca dan semen menggunakan gas dalam pembuatannya. Ketika harga gas naik, keramik dalam negeri pun mulai kalah bersaing dengan produk keramik impor, maka terjadinya kemerosotan. 

"Begitu naik, kita drop karena daya saing kita rendah, kalah bersaing harga, kemudian impor masuk. Karena konsumen kita masih concern dengan harga," ujar Ashady.

Berdasarkan catatan Direktorat ISKPBGNL, utilitas kapasitas produksi industri keramik pernah berada di level 90 persen. Namun, setelah harga gas meningkat dan masuknya impor dengan harga murah, produktivitas ubin keramik turun ke tingkat 69 persen pada akhir 2023.

Angka tersebut pun terus menurun, lanjut Ashady, pada Januari 2024 produktivitas berada pada level 64 persen dan Februari 61 persen.

Harga gas bumi sendiri ditetapkan sebesar 6 dolar AS per MMBTU. Selain itu, ada juga kenaikan biaya produksi keramik sebesar 5-6 persen setelah kenaikan harga bahar bakar minyak (BBM) hingga terjadinya pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

"Biaya-biaya di Indonesia ini juga ada kaitannya dengan BBM dan pelemahan nilai tukar rupiah. Karena semua penggunaan bahan bakar menggunakan dolar AS maka semakin naik, ya naik juga (harganya)," kata Ashady.