Rapat Dewan Gubernur BI Tetapkan BI Rate Tetap 6,25 Persen

Carlos Fajar
Carlos Fajar
Diperbarui 17 Juli 2024 4 jam yang lalu
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (istimewa)
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (istimewa)

Jakarta, MI - Bank Indonesia (BI) hari ini mengumumkan suku bunga BI Rate tetap 6,25 persen dalam hasil rapat dewan gubernur bulanan periode Juli 2024 dengan cakupan triwulanan pada Kamis (17/7/2024).

Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan rapat dewan gubernur BI memutuskan untuk mempertahankan BI rate sebesar 6,25 persen, suku bunga deposit facility sebesar 5,5 persen dan lending facility juga tetap 7 persen.

"Keputusan ini konsisten dengan kebijakan moneter yang pro stability sebagai langkah yang pre-emtive dan forward looking untuk memastikan tetap terkendalinya inflasi dan tetap sasaran 2,5 persen plus minus 1 persen pada tahun 2024 ini dan 2025," ujar Perry Warjiyo di Gedung BI, Rabu (17/7/2024).

Fokus kebijakan moneter dalam jangka pendek diarahkan kata dia untuk memperkuat efektifitas dan stabilisasi nilai tukar rupiah dan menarik aliran masuk portofolio asing.

Sedangkan perihal kebijakan makro prudensial dan sistem pembayaran dijelaskan Perry tetap pro growth untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

"Kebijakan makroprudensial longgar terus ditempuh untuk mendorong kredit pembiayaan perbankan kepada dunia usaha dan rumah tangga. Kebijakan sistem pembayaran diarahkan untuk memperkuat keandalan infrastruktur industri sistem pembayaran serta memperluas akseptasi sistem pembayaran," pungkasnya. [CAR]