Badai Otis Terjang Meksiko, 27 Orang Tewas

Rekha Anstarida
Rekha Anstarida
Diperbarui 27 Oktober 2023 06:50 WIB
Puing-puing tergeletak di pantai setelah Badai Otis melanda Acapulco, Meksiko. [Foto: AP]
Puing-puing tergeletak di pantai setelah Badai Otis melanda Acapulco, Meksiko. [Foto: AP]

Jakarta, MI - Sebanyak 27 orang tewas dan empat lainnya hilang akibat Badai Otis di Meksiko. Ini adalah salah satu badai paling dahsyat yang melanda negara itu menghantam kota resor Acapulco di Pasifik.

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador mengatakan pemerintah sedang berupaya untuk memulihkan listrik dan membersihkan kehancuran yang ditimbulkan oleh badai kategori 5 yang melanda negara bagian Guerrero di selatan, dan membuat Acapulco tidak dapat berkomunikasi.

“Apa yang diderita Acapulco benar-benar bencana,” kata Lopez Obrador pada konferensi pers rutin pemerintah pada hari Kamis (26/10), seperti dikutip dari The Guardian.

Otis merusak atap rumah dan hotel, dan memutus komunikasi serta akses jalan dan udara. Layanan telepon dan saluran listrik yang terputus membuat para pejabat sulit memperkirakan dengan cepat tingkat kerusakan yang terjadi.

Lopez Obrador mengatakan kehancurannya sangat parah sehingga tidak ada satu pun tiang listrik yang berdiri di zona dampak.

Gambaran dan catatan awal adalah kehancuran yang parah, pohon-pohon tumbang dan kabel listrik tergeletak di air banjir berwarna coklat yang di beberapa daerah meluas hingga bermil-mil.