Eks PM China Li Keqiang Meninggal Dunia

Rekha Anstarida
Rekha Anstarida
Diperbarui 27 Oktober 2023 09:08 WIB
Mantan Perdana Menteri China Li Keqiang [Foto: Getty Images]
Mantan Perdana Menteri China Li Keqiang [Foto: Getty Images]

Jakarta, MI - Mantan Perdana Menteri China Li Keqiang meninggal dunia pada usia 68 tahun. Hal itu dikonfirmasi media lokal.

Dilansir dari BBC, Jumat (27/10), dia adalah orang paling berkuasa kedua di Partai Komunis Tiongkok yang berkuasa sampai dia pensiun tahun lalu.

Media pemerintah mengatakan dia sedang "beristirahat" di Shanghai ketika dia menderita serangan jantung mendadak pada hari Kamis (26/10).

Dia meninggal sepuluh menit lewat tengah malam pada hari Jumat (27/10), meskipun ada upaya sekuat tenaga untuk menghidupkannya kembali, kata penyiar negara CCTV.

Li naik pangkat di partai meski tidak memiliki basis kekuasaan apa pun, dan bahkan pernah dipatok untuk menduduki jabatan puncak presiden.

Sebagai seorang ekonom terlatih, ia awalnya diberi kendali perekonomian Tiongkok, namun para analis mengatakan ia semakin dikesampingkan menjelang akhir karirnya ketika Presiden Tiongkok Xi Jinping mengumpulkan kekuasaan di sekelilingnya.

Pada masa jabatan terakhirnya, ia menjadi satu-satunya pejabat tinggi petahana yang tidak tergabung dalam kelompok loyalis Presiden Xi.

Li terlihat sejajar dengan mantan pemimpin Hu Jintao, yang dicopot dari jabatannya pada Kongres Partai tahun lalu atas perintah Xi.

Saat dia dibawa pergi, dia menepuk bahu Li Keqiang dengan sikap ramah dan perdana menteri mengangguk kembali.

Kematian Li banyak ditangisi secara online, dan satu orang di media sosial Tiongkok mengatakan hal itu seperti kehilangan "pilar rumah kita".

Pemimpin elit lulusan Universitas Peking ini dikenal pragmatis dalam kebijakan ekonomi, dengan kebijakan yang berfokus pada pengurangan kesenjangan kekayaan dan menyediakan perumahan yang terjangkau.