Tahan Suku Bunga, The Fed Bikin Warga AS Pusing

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 28 Oktober 2023 23:24 WIB
Federal Reserve (Foto : Reuters )
Federal Reserve (Foto : Reuters )

Jakarta, MI - Meskipun indikator inflasi yang dipilih bank sentral masih jauh di atas tingkat target 2%, Ketua Federal Reserve Jerome Powell, yang mengatakan akhir bulan lalu bahwa "inflasi masih terlalu tinggi", meningkatkan ekspektasi bahwa kenaikan suku bunga lagi mungkin tidak akan terjadi sepenuhnya pada tahun ini.

Dengan menaikkan suku bunga sebanyak sebelas kali sejak tahun lalu—laju pengetatan tercepat sejak awal 1980-an—para ekonom dan gubernur bank sentral setuju bahwa suku bunga akan tetap tinggi untuk waktu yang lebih lama.

Ini berarti tidak akan ada keringanan biaya pinjaman yang sangat tinggi untuk pelanggan. Tingkat HELOC saat ini mendekati 9%, tertinggi dalam lebih dari dua dekade, menurut Bankrate.

Suku bunga dana federal yang ditetapkan oleh bank sentral Amerika Serikat adalah suku bunga yang digunakan bank untuk meminjam dan meminjamkan satu sama lain dalam semalam; namun, itu bukan tingkat suku bunga yang dibayar konsumen, tindakan Federal Reserve masih memengaruhi tingkat pinjaman dan tabungan harian.

Sebagian besar kartu kredit menawarkan suku bunga variabel, yang berkorelasi langsung dengan suku bunga acuan Federal Reserve.

Suku bunga rata-rata kartu kredit kini lebih dari 20%, angka tertinggi sepanjang masa, setelah kenaikan suku bunga sebelumnya. Selain itu, saldo menjadi lebih tinggi dan semakin banyak pemegang kartu yang menjadi hutang setiap bulan karena mayoritas orang merasa terbebani oleh harga yang lebih tinggi.

Tingkat persentase bunga tahunan—juga dikenal sebagai Annual Percentage Rate (APR)—mungkin tetap meningkat tanpa kenaikan suku bunga, menurut Matt Schulz, kepala analis kredit LendingTree.

Meskipun suku bunga hipotek 15 tahun dan 30 tahun tetap dan terkait dengan imbal hasil Treasury dan perekonomian, siapa pun yang memutuskan untuk membeli rumah baru telah mengalami penurunan yang signifikan dalam daya beli mereka, sebagian karena tindakan kebijakan Federal Reserve dan inflasi.

Untuk hipotek dengan suku bunga tetap selama 30 tahun, tingkat rata-rata mencapai 8%, mencapai titik tertinggi dalam 23 tahun, menurut Bankrate.

Suku bunga utama diatur oleh jalur kredit ekuitas rumah, atau HELOC, dan hipotek dengan suku bunga yang dapat disesuaikan, atau ARM. Ketika suku bunga dana federal meningkat, suku bunga utama juga meningkat, dan ini mengikuti jejaknya.

Pembayaran untuk pinjaman mobil meningkat seiring dengan suku bunga pinjaman baru, sehingga biaya pengendara meningkat. Ini terjadi meskipun pinjaman mobil tetap tetap.

Tingkat rata-rata pinjaman mobil baru lima tahun adalah 7,62%, tertinggi dalam 16 tahun, menurut Bankrate. Banyak pelanggan saat ini menghadapi pembayaran bulanan yang kemungkinan besar tidak mereka mampu tanggung.(Ran)