Elon Musk Dukung Israel, X Terancam Boikot

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 29 November 2023 10:48 WIB
Elon Musk dan PM Israel Benjamin Netanyahu. (Foto: Twitter)
Elon Musk dan PM Israel Benjamin Netanyahu. (Foto: Twitter)

Jakarta, MI – Tokoh pengusaha dunia Elon Musk kembali membuat gaduh dan menjadi trending topik di media sosial miliknya sendiri, X (Twitter).

Salah satu penyebabnya adalah beredarnya foto Elon Musk yang mengadakan pertemuan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di berbagai platform media sosial.

Dilansir dari Reuters, Elon Musk mengunjungi lokasi serangan Hamas ke Israel pada Senin, 27 November 2023 waktu setempat dan menyatakan komitmennya untuk melakukan apa pun yang diperlukan untuk menghentikan penyebaran kebencian.

Boikot X viral di Twitter, hari ini. Kata-kata tersebut digunakan sedikitnya 2.858 kali, pada Selasa, (28/11) petang. Sebagian netizen menggunakannya untuk mendorong pengguna lain memboikot Twitter atau X.

Sebagian lain mencuitkan untuk mematahkan dorongan Boikot X. Netizen juga mengunggah foto Elon Musk bersama PM Israel Benjamin Netanyahu. Diketahui bos Twitter atau X itu baru saja berkunjung ke Israel dan memberikan dukungan pada Israel.

Elon Musk diketahui berkunjung ke Israel ketika gencatan senjata antara Hamas dan Israel berlangsung.

Di hadapan pemerintah Israel, Musk kemudian berjanji akan memberikan bantuan komunikasi Starlink di Isral termasuk di Gaza, seizin dari Kementerian Komunikasi Israel. "Akan memberikan pelayanan di masa depan, serta meningkatkan hubungan dengan masyarakat Yahudi, serta nilai yang kita bagikan ke seluruh dunia," cuit Elon Musk usai kesepakatan itu.

Kunjungan juga dilakukan setelah Elon Musk mendapat hujatan, sebab menyetujui unggahan yang bernada anti semit atau anti Yahudi. Dampaknya sejumlah mitra pengiklan di Twitter menarik dan menunda investasi mereka di Twitter, dikutip dari New York Times.

Beberapa warganet juga menyarankan agar Elon juga mengunjungi Gaza dan bisa melihat apa yang sudah Israel lakukan pada rakyat Palestina, bukan hanya berpihak pada satu kubu dan kembali membuat heboh internet.

“Tentara Israel memenjarakan anak-anak Palestina yang mereka tahan. Jika bukan karena platform X, dunia tidak akan mengetahui gambar-gambar ini. Elon Musk yang terhormat, Netanyahu adalah pembohong, jangan percaya padanya”, ujar akun @sadeceederyaa1 dengan menyertakan #ElonGoToGaza.

Atau dari akun @hanHurairay mengatakan dengan geram “Angka pembunuhan anak-anak per hari di Gaza bahkan melebihi angka pembunuhan anak-anak Yahudi di era Hitler. Apakah Anda masih tidak melihat kehancuran di sekitar? Buka saja matamu! ”, pungkasnya disertai #ElonGoToGaza.