Semua Pelaku Ledakan Bom di Iran Ditangkap

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 7 Januari 2024 15:11 WIB
Bom di Iran (Foto: Reuters)
Bom di Iran (Foto: Reuters)

Teheran, MI - Semua teroris yang terlibat serangan 3 Januari di Iran telah ditangkap. Sebelumnya, serangan mereka telah menewaskan lebih dari 90 orang dan melukai puluhan lainnya di Kota Kerman di selatan Iran.

Informasi tersebut diungkap Jaksa Kerman Mahdi Bakhshi dalam wawancara yang disiarkan Press TV pada Sabtu (6/1/2024). Ia juga menambahkan pihaknya menemukan 16 bom di seluruh Provinsi Kerman.

“Tiga puluh dua orang telah ditangkap terkait kasus kejahatan (teroris) Kerman dan sedang menjalani interogasi awal. Selama beberapa bulan terakhir, sebanyak 23 teroris ISIS yang siap melakukan serangan bunuh diri telah ditangkap di seluruh provinsi Kerman,” ujarnya, seperti dikutip dari Tasnim News Agency, Minggu (7/1).

Ia mengatakan 16 bom itu memiliki kekuatan ledak lebih besar daripada rompi bunuh diri dalam serangan hari Rabu.  Dua ledakan terjadi pada Rabu di acara peringatan meninggalnya Qassem Soleimani.

Ledakan mengakibatkan hilangnya sedikitnya 91 nyawa, termasuk 9 anak-anak, dan menyebabkan hampir 300 orang terluka. Kelompok teroris ISIS (ISIL) mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.