Helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi Ditemukan

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 20 Mei 2024 11:24 WIB
Masyarakat Iran berdoa di alun-alun Vali-Asr untuk presiden Iran setelah kecelakaan helikopter, Teheran, Iran, 19 Mei 2024.
Masyarakat Iran berdoa di alun-alun Vali-Asr untuk presiden Iran setelah kecelakaan helikopter, Teheran, Iran, 19 Mei 2024.

Jakarta, MI - Beberapa media Iran mengutip Bulan Sabit Merah yang mengatakan bahwa tim penyelamat telah menemukan helikopter Raisi. Bulan Sabit Merah tidak memberikan informasi apakah presiden dan kawan-kawannya selamat atau tidak.

"Tim pencarian dan penyelamatan Bulan Sabit Merah telah mencapai lokasi jatuhnya helikopter yang membawa presiden,” kata Bulan Sabit Merah Iran dalam sebuah pernyataan dilansir Aljazirah.

Sebelumnya, Organisasi Masyarakat Bulan Sabit Merah Iran mengumumkan pada Senin pagi waktu setempat bahwa mereka telah menemukan lokasi puing-puing helikopter Presiden Ebrahim Raisi, setelah terdeteksi oleh sebuah drone atau kendaraan udara tak berawak (UAV) Akinci milik Turki.

Dilansir media Turki, Anadolu Agency, Senin (20/5/2024), berbicara kepada media lokal, Kepala Bulan Sabit Merah Iran, Pir Hossein Kolivand, mengatakan masih tersisa dua kilometer untuk mencapai lokasi puing-puing helikopter.

Kantor berita resmi Iran, IRNA, juga membenarkan temuan tersebut. Kabar tersebut dimuat di akun Telegram IRNA. Lokasi helikopter Presiden telah ditemukan. Tim SAR mendekati lokasi kejadian, kata badan tersebut.

Setelah helikopter yang membawa Raisi jatuh, Kementerian Pertahanan Nasional Turki menugaskan UAV Akinci dan helikopter jenis Cougar dengan kemampuan penglihatan malam untuk ikut serta dalam kegiatan pencarian.