Rusia: Serangan Israel ke Rafah Tidak Dapat Diterima

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 29 Mei 2024 20:18 WIB
Seorang pria melihat kendaraan yang hancur, setelah serangan udara Israel terhadap kamp pengungsi di Kota Rafah, Jalur Gaza selatan. (Foto: ANTARA)
Seorang pria melihat kendaraan yang hancur, setelah serangan udara Israel terhadap kamp pengungsi di Kota Rafah, Jalur Gaza selatan. (Foto: ANTARA)

Jakarta, MI - Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Mikhail Bogdanov menegaskan bahwa operasi militer Israel di Rafah adalah, hal yang tidak dapat diterima.

"Selain itu, perkembangan terkini di Libya dan Sudan juga dibahas," kata Mikhail, Selasa (28/5/2024).

Mikhail mengatakan hal itu, saat bertemu dengan Duta Besar Mesir di Moskow Nazih Nagari, menurut Kementerian Luar Negeri Rusia dalam sebuah pernyataan.

Selama pertemuan tersebut, mereka bertukar pandangan tentang isu-isu Timur Tengah, khususnya situasi terkini di zona konflik Palestina-Israel.

Sebelumnya pada Minggu (26/5/2024), Israel melancarkan serangan udara terhadap kamp pengungsi di timur laut Rafah.

Serangan itu, menewaskan sedikitnya 40 orang tewas dan melukai puluhan lainnya, menurut dinas pertahanan sipil Palestina.

Pada Senin (27/5/2025), Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyebut, serangan udara itu sebagai insiden tragis. Dia menambahkan bahwa penyelidikan sedang dilakukan.

Pada hari yang sama, angkatan bersenjata Israel (IDF) mengakui, bahwa mereka menggunakan amunisi presisi.

Israel mengirim pasukan ke Rafah pada 7 Mei, tujuh bulan setelah gerakan perlawanan Palestina, Hamas, menerobos wilayah Israel dan melancarkan serangan, yang kemudian memicu eskalasi konflik terburuk di Jalur Gaza dalam beberapa dekade.

Kabinet perang Israel, bertekad memperluas operasi militer di Rafah hingga berhasil mencapai tujuannya, menumpas semua pejuang Hamas.

 

Sumber: Sputnik