Lima Sekolah PBB di Gaza Terkena Serangan Bom dalam 10 Hari Terakhir

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 17 Juli 2024 2 jam yang lalu
Beberapa warga Palestina berjalan di tengah reruntuhan sekolah UNRWA di Kota Gaza.(Foto: Antara)
Beberapa warga Palestina berjalan di tengah reruntuhan sekolah UNRWA di Kota Gaza.(Foto: Antara)

Ankara, MI - Sebanyak lima sekolah yang berafiliasi dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan berbagai badan PBB terkena serangan bom di Gaza dalam 10 hari belakangan, kata badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) pada Selasa (16/7).

"Kemarin, di Kota Gaza, sekolah @UNRWA yang menampung banyak keluarga diserang," tulis badan itu di X.

"Sehari sebelumnya, salah satu sekolah kami di Nuseirat diserang," ujar UNRWA, serta mengeluhkan bahwa "Lima sekolah @PBB diserang dalam 10 hari terakhir ini."

Badan PBB itu mengatakan, "Dalam 9 bulan, pembunuhan, penghancuran, dan keputusasaan yang tak henti-hentinya terus berlanjut," dan menambahkan bahwa tidak ada seorang pun yang aman di Gaza.

Israel terus menggempur Jalur Gaza sejak serangan lintas batas dari Hamas pada 7 Oktober 2023. Selain menewaskan lebih dari 38 ribu warga Palestina sejak saat itu, serangan militer Israel juga menyebabkan sebagian besar daerah kantong berpenduduk 2,3 juta jiwa itu hancur.

Gempuran Israel juga menyebabkan sebagian besar warga sipil kehilangan tempat tinggal dan berisiko mengalami kelaparan. Serangan-serangan itu membuat Israel diadukan ke Mahkamah Internasional atas tuduhan melakukan genosida.