Presiden AS Joe Biden Positif COVID-19

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 18 Juli 2024 2 jam yang lalu
Presiden AS, Joe Biden
Presiden AS, Joe Biden

Jakarta, MI - Presiden AS Joe Biden dinyatakan positif COVID-19, usai berkampanye di Las Vegas, Nevada, pada Rabu (17/7/2024).

Menurut pernyataan Gedung Putih yang dikutip Kamis (18/7/2024), catatan dokter kepresidenan menyatakan Biden mengalami gejala pernapasan bagian atas, termasuk pilek, batuk, dan rasa 'tidak enak badan'.

Akan tetapi, presiden berusia 81 tahun itu merasa baik-baik saja selama lokasi pertama kampanye, pada Rabu sore waktu setempat. Tes kemudian dilakukan dan hasilnya positif COVID-19.

Juru Bicara Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengatakan, Biden akan melakukan isolasi mandiri dan akan terus menjalankan semua tugasnya, secara penuh selama masa tersebut.

“Gedung Putih akan memberikan pembaruan berkala mengenai status Presiden saat ia terus menjalankan tugas kantornya secara penuh selama isolasi,” ucap Jean-Pierre.

Pengumuman Gedung Putih muncul, usai presiden serikat advokasi hak-hak sipil Latin Unidos, Janet Murguia, menyebut Biden tak bisa bergabung ke acara kampanye di sana pada Rabu sore.

"Saya baru saja menelepon Presiden Biden, dan dia menyampaikan kekecewaan yang mendalam karena tak bisa bergabung dengan kami sore ini," kata Murguia.

Infeksi COVID-19 yang menyerang Biden terjadi, di momen kritis jelang Pilpres AS pada November mendatang.

Paparan virus corona kian menambah kekhawatiran, soal kesehatan sang presiden pertahana itu.