Bawa 244 Orang, Pesawat Air India Tujuan AS Mendarat Darurat di Rusia

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 19 Juli 2024 4 jam yang lalu
Ilustrasi - Pesawat maskapai Air India [Foto: Ist]
Ilustrasi - Pesawat maskapai Air India [Foto: Ist]

Jakarta, MI - Sebuah pesawat Boeing yang mengoperasikan penerbangan Air India AI-183 rute New Delhi-San Francisco, melakukan pendaratan darurat di Kota Krasnoyarsk di Siberia, Rusia, pada Kamis (18/7/2024) atas alasan teknis.

Lembaga pelayanan kedaruratan mengatakan kepada Sputnik, bahwa alarm kebakaran berbunyi di bagian kargo pesawat.

Di laman Air India, penerbangan tersebut diberi tanda "Diverted" ("Dialihkan") ke Bandara Internasional Krasnoyarsk Yemelyanovo. Situs itu tidak mencantumkan informasi tambahan.

Menurut badan transportasi udara Rusia, Rosaviatsia, tidak terlihat ada baik api maupun asap di AI-183 saat pesawat itu mendarat.

"Pesawat Air India mendarat dengan selamat di bandara Krasnoyarsk pukul 19.52 waktu Moskow [16.52 GMT]. Lima menit kemudian, pesawat secara independen memasuki kawasan parkir. Tidak ada tanda kemunculan api ataupun asap," kata Rosaviatsia di Telegram.

Menurut informasi awal yang dikeluarkan Rosaviatsia, ada 243 penumpang di pesawat jenis Boeing 777 itu.

Sementara itu, Air India melalui X menyatakan bahwa penerbangan AI-183 dari New Delhi menuju San Francisco dialihkan ke Bandara Krasnoyarsk (UNKL) di Rusia atas alasan teknis.

"Pesawat tersebut mendarat dengan selamat, dan kami bekerja sama dengan otoritas terkait untuk memastikan tamu-tamu kami ditangani dengan baik sementara kami mengambil keputusan untuk menerapkan langkah berikutnya," kata Air India.

"Di Air India, keselamatan dan kenyamanan tamu-tamu serta kru kami tetap menjadi prioritas utama," tambah maskapai tersebut.

 

Sumber: Sputnik-OANA