40 Migran Tewas Akibat Kebakaran Kapal di Lepas Pantai Haiti

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 20 Juli 2024 3 jam yang lalu
Ilustrasi - Kekerasan di Haiti. (Foto: Antara)
Ilustrasi - Kekerasan di Haiti. (Foto: Antara)

Moskow, MI - Kebakaran terjadi di sebuah kapal migran di lepas pantai Cap Haitien di Haiti utara, kata Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) pada Jumat (19/7/2024).

Kebakaran kapal itu mengakibatkan setidaknya 40 orang tewas dan beberapa lainnya terluka, demikian IOM, Badan Migrasi PBB itu menambahkan. "Sedikitnya 40 migran tewas, dan beberapa lainnya terluka setelah kapal yang mereka tumpangi terbakar di lepas pantai Cap Haitien, di utara Haiti," ujar badan migrasi PBB itu dalam sebuah pernyataan.

Penjaga Pantai Haiti menyelamatkan 41 orang penyintas dari kebakaran kapal tersebut. Mereka kini tengah menerima perawatan medis. Sementara itu, sebanyak 11 migran lainnya dibawa ke rumah sakit untuk memperoleh perawatan luka bakar, kata IOM.

Kapal tersebut sedang menuju Kepulauan Turks dan Caicos dari Fort Saint-Michel, setelah menempuh jarak 250 kilometer ketika kebakaran terjadi, menurut pernyataan tersebut.

IOM adalah Badan Migrasi PBB yang didirikan pada 1951. IOM merupakan organisasi antar pemerintah terkemuka di bidang migrasi dan bekerja erat dengan mitra pemerintah, antarpemerintah, dan nonpemerintah.