Masoud Pezeshkian Dilantik Jadi Presiden Iran

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 31 Juli 2024 2 jam yang lalu
Masoud Pezeshkian Dilantik Jadi Presiden Iran [Foto: Ist]
Masoud Pezeshkian Dilantik Jadi Presiden Iran [Foto: Ist]

Jakarta, MI - Masoud Pezeshkian pada Selasa (30/7/2024) dilantik sebagai Presiden baru Iran, dengan dihadiri para pejabat politik tingkat tinggi dan pejabat tinggi asing, dalam upacara yang diadakan di parlemen.

Upacara pelantikan tersebut dilakukan setelah Pezeshkian, mendapat dukungan resmi dari Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, pada Minggu (28/7/2024), sejalan dengan Pasal 110 Konstitusi Iran.

Anggota parlemen reformis veteran berusia 69 tahun dan ahli bedah jantung ini, mengalahkan saingan dari kubu konservatif dan mantan kepala badan keamanan, Saeed Jalili, dalam pemilihan presiden putaran kedua pada 5 Juli.

Setelah dilantik oleh Ketua Parlemen Mohammad Baqer Qalibaf, Pezeshkian menyampaikan pidato yang menguraikan prioritas kebijakan dalam, dan luar negerinya.

Dia mengatakan pemilihan presiden dan formasi pemerintahan baru telah membuka "kesempatan baru" bagi Iran dan dunia, serta menggambarkan Kabinetnya sebagai "pemerintahan persatuan nasional".

Presiden baru Iran tersebut menegaskan, bahwa dunia harus memanfaatkan “peluang unik” ini untuk menyelesaikan masalah regional dan global dengan partisipasi “Iran yang kuat, damai, dan bermartabat.

Pezeshkian berjanji pemerintahannya akan mengupayakan “kemajuan dan pembangunan yang adil dan berkelanjutan” untuk Iran serta meningkatkan situasi ekonomi dan kualitas hidup masyarakat di negara tersebut.

Dia juga berjanji untuk "membela kepentingan dan hak Iran dengan tegas" di panggung internasional, sambil memprioritaskan hubungan erat degan negara-negara tetangga, sejalan dengan pemerintahan sebelumnya.

“Pemerintahan saya mengupayakan kawasan yang kuat di mana semua negara tetangga dapat bekerja sama demi pembangunan ekonomi, kemajuan, dan generasi masa depan yang lebih baik, kawasan di mana keamanan terjamin dengan kehadiran negara-negara kawasan,” ujarnya.

Pezeshkian juga mengecam serangan Israel di Jalur Gaza, mengatakan bahwa “pemimpin rezim yang memerangi perempuan dan anak-anak di Gaza dan menjatuhkan bom pada mereka” tidak seharusnya mendapat tepuk tangan, dengan mengacu pada pidato Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu baru-baru ini di hadapan Kongres AS.

“Seseorang tidak bisa menyebut dirinya manusia dan tetap diam menghadapi begitu banyak kekejaman,” katanya, menyerukan dunia agar “rakyat Palestina terbebas dari pendudukan, penindasan, dan genosida.”

Dalam beberapa hari mendatang, presiden reformis ini akan memperkenalkan dewan menterinya ke parlemen yang didominasi konservatif untuk mendapatkan persetujuan, yang menurut para ahli akan menjadi tantangan besar pertama baginya.

Sementara itu, Pezeshkian telah menunjuk Mohammad Reza Aref, seorang politisi reformis veteran, sebagai wakil presiden pertamanya.

 

Sumber: Anadolu