Konser Taylor Swift di Austria Batal, Ada Ancaman Teroris

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 8 Agustus 2024 14 jam yang lalu
Taylor Swift [Foto: Ist]
Taylor Swift [Foto: Ist]

Jakarta, MI - Konser Taylor Swift di Vienna ternyata menjadi target ancaman teroris. Hal ini diketahui, usai polisi menangkap dua pria yang merencanakan serangan teror tersebut.

Selama penggerebekan, polisi menemukan bahan kimia dan zat di rumah tersangka, tetapi pihak berwenang belum mengonfirmasi, apakah bahan-bahan tersebut dapat digunakan untuk membuat bom.

Penangkapan dilakukan oleh unit Cobra Austria, di mana para pelaku berencana menargetkan Stadion Ernst Happel di Vienna, tempat Taylor Swift dijadwalkan tampil dalam tiga pertunjukan yang tiketnya terjual habis sebagai bagian dari Eras Tour.

Diketahui, tersangka berusia 19 tahun ini merupakan warga negara Austria, dilaporkan telah berjanji setia kepada kelompok teroris Islam ISIS pada Juli. Terduga kaki tangannya juga menjadi radikal melalui internet.

Pria berusia 19 tahun ini tinggal bersama orang tuanya di Ternitz, sebuah provinsi dekat Vienna. Sementara, satu pria lainnya tak dikenal

"Pelaku yang diduga fokus pada konser Taylor Swift. Tindakan persiapan terdeteksi. Ancaman konkret telah berhasil dihindari," kata Franz Ruf, Direktur Jenderal Keamanan Publik Austria.

Meskipun konser tersebut dijadwalkan pada Agustus mendatang, langkah-langkah keamanan telah ditingkatkan. Media Austria, Kronen Zeitung melaporkan bahwa pihak berwenang sedang menyelidiki kemungkinan kaki tangan dan belum menganggap konser tersebut sepenuhnya aman.

Kepala Polisi Vienna, Gerhard Pürstl memperkirakan bahwa 65.000 orang per hari akan menghadiri konser tersebut, tambahan 22.000 penggemar di luar tempat tersebut.

Rencana yang digagalkan ini terjadi tujuh tahun setelah pengeboman Manchester Arena, di mana seorang pengebom bunuh diri menargetkan konser Ariana Grande di Manchester, Inggris, yang mengakibatkan 22 orang tewas dan lebih dari seribu orang terluka.

Insiden baru-baru ini menyoroti perlunya kewaspadaan dan langkah-langkah keamanan yang kuat di acara-acara publik yang besar.

Berita Terkait