Sudah 9 Jam Diperiksa Bareskrim Polri, Begini Tampang Firli Bahuri

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 24 Oktober 2023 20:03 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri (Foto: Istimewa)
Ketua KPK Firli Bahuri (Foto: Istimewa)

Jakarta, MI - Sudah sekitar 9 jam diperiksa Bareskrim Polri terkait dengan kasus dugaan pemerasan terhadap eks Mentan Syahrul Yasin Limpo, Ketua KPK Firli Bahuri belum juga keluar dari ruang pemeriksaan itu, Selasa (24/10).

Firli Bahuri sebelumnya dilaporkan tiba di Gedung Bareskrim Polri sekira pukul 09.40 WIB. Sementara itu, agenda pemeriksaan dimulai pada pukul 10.00 WIB di ruang pemeriksaan Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipidkor) Bareskrim Polri oleh penyidik gabungan Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dan Dittipidkor Bareskrim Polri.

Sampai malam pemeriksaannya, sejumlah foto-foto pun memperlihatkan Firli bahuri beserta Aide-de-camp (ADC) atau Ajudan tersebar. Salah satunya menampilkan sosok Ketua KPK, Firli Bahuri berada di ruangan. Firli tampak mengenakan batik lengan panjang dan celana bahan berwarna hitam. Firli nampak duduk di kursi merah.

Sebelumnya, Firli Bahuri sempat mangkir dari panggilan pemeriksaan Polda Metro Jaya pada Jumat, 20 Oktober 2023 lalu. Maka dari itu, ia diperiksa ulang pada hari ini, Selasa (24/10).

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Komisaris Besar Ade Safri Simanjuntak sebelumnya memastikan bahwa Firli sudah tiba di Markas Besar Polri, Jakarta Selatan. "Sudah," singkatnya.

Adapun penjadwalan ulang pemeriksaan itu merupakan permintaan Firli. Firli juga meminta pemeriksaan dilakukan di kantor Badan Reserse Kriminal atau Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Selatan. “Permintaan keterangan sebagai saksi terhadap saudara FB Ketua KPK RI di ruang riksa Dittipidkor Bareskrim Polri,” ujarnya.

Untuk diketahui bahwa kasus dugaan pemerasan terhadap eks Mentan Syahrul Yasin Limpo ini telah naik ke tahap penyidikan dari penyelidikan. Sejumlah saksi sudah diperiksa Polda Metro Jaya, namun hingga kini belum ada yang ditetapkan sebagai tersangka. (An)