Wah!! Ternyata Firli Bahuri Sudah Cerita ke Pimpinan KPK Lainnya Soal Pertemuan dengan SYL

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 31 Oktober 2023 12:12 WIB
Firli Bahuri sedang berbincang dengan Syahrul Yasin Limpo  (Foto: Ist)
Firli Bahuri sedang berbincang dengan Syahrul Yasin Limpo (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) Harjono mengungkapkan, bahwa Ketua KPK Firli Bahuri telah memberitahu kepada pimpinan KPK lainnya terkait pertemuannya dengan eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). 

Menurutnya, hal itu diberitahu setelah pemberitaan ramai. "Sudah cerita, setelah ramai-ramai itu, cerita," kata Harjono, Selasa (31/10).

Firli Bahuri tidak menjelaskan secara detail soal pertemuannya dengan Syahrul Yasin Limpo. Sehingga para pimpinan KPK lainnya tak mengetahui pembahasan keduanya dalam pertemuan tersebut. "Enggak tahu, karena (Firli) hanya (cerita) saya ketemu ini (SYL), itu saja. Apa yang dibicarakan kita (Dewas KPK) enggak tahu, beliau (pimpinan lain) juga enggak tahu," kata Harjono.

Diketahui, bahwa Dewas KPK tengah mengusut dugaan pelanggaran etik dalam pertemuan Firli Bahuri dengan Syahrul Yasin Limpo. Dewas KPK sudah memeriksa beberapa pihak termasuk pimpinan KPK seperti Nurul Ghufron pada Jum'at, 27 Oktober 2023.

Pada Senin, 30 Oktober 2023 Dewas KPK memeriksa Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dan Johanis Tanak. Usai diperiksa Dewas KPK, Alex membeberkan kronologi awal penanganan kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) yang berujung penetapan mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) sebagai tersangka.