Awas! Ada Penipuan Tiket Pesawat Murah Mengatasnamakan IDN Tour

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 1 November 2023 13:58 WIB
Penipuan tiket pesawat murah mengatasnamakan IDN Tour (Foto: Dok MI)
Penipuan tiket pesawat murah mengatasnamakan IDN Tour (Foto: Dok MI)

Jakarta, MI - Dimana-mana terdengar tangisan masyarakat dari berbagai penjuru yang tertipu dalam pembelian tiket murah (Diskon) yang diiming-iming oknum penipu yang mengatasnamakan IDN Tour yang beralamat di Jln Jamin Ginting No 94 Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Atas maraknya penipuan pembelian tiket murah itu, sudah seharusnya pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri) bertindak cepat menggulung pelaku.

IDN Tour tersebut menjual tiket murah ke segala penjuru nusantara, tetapi oknum pelaku penipuan penjual tiket itu masih belum jelas diketahui. Apakah oknum diduga penipu itu masih ditelusuri.

Dari Kota Bekasi yang memesan tiket Jakarta ke Kuala Namu, Medan menjelang akhir tahun dan kebanyakan pulang menghadiri pesta keluarganya. Banyak memesan tiket jauh-jauh hari supaya dapat tiket yang lebih murah. 

Seperti pada contoh P.T. Pasaribu yang memesan tiket untuk 5 orang, Jum'at 27 Oktober 2023 dan ada juga Br. Simanjuntak yang memesan tiket pada tanggal 26 Oktober 2023. "Bayar tiket Rp 1,1 kita dengan Pesawat Super Air Jet, juga tertipu," katanya, Rabu (1/11). 

Br. Simanjuntak yang tertipu membeli tiket Super Air Jet itu menangis meraung-raung setelah dicek ke Super Air Jet tidak terdaftar namanya. Sementara pihak menejemen Supar Air Jet mengakui bahwa ada yang membooking tapi tidak dibayar sampai waktu yang ditentukan, sehingga pembookingan itu batal sendiri, karena tidak dibayar. 

Br. Simanjuntak berupaya mengumpul uang itu supaya bisa pulang kampung halamannya, malah tertipu.

Sementara itu, P.T. Pasaribu yang juga salah satu korban pembelian tiket yang tertipu merasa terpukul atas perlakuan oknum penipu tersebut. Dimana pertama memesan tiket pesawat Citilink untuk 3 orang pada 27 Oktober 2023 dengan tiket murah yang diiming - iming penipu tiket murah yaitu Rp 785.000,-/orang dan untuk 3 orang Rp 2.355.000, keberangkatan dari Jakarta untuk tangal 5 Februari 2024. 

Kemudian besoknya, tanggal 28 Oktober 2023 P.T Pasaribu pesan lagi 2 tiket lagi sama pesawat Citilink untuk saudaranya di Rawamangun dan Cipinang Jakarta Timur juga tertipu dengan tujuan yang sama ke Kuala Namu. Akibatnya, PT Pasaribu merugi Rp 3.925.000.

Herannya, penipu ini selalu memangsa korbannya yang merupakan orang kurang mampu. Artinya, jika mereka orang mampu tidak mungkin membeli tiket murah. Bagi orang yang mampu, berapaun harga tiketnya pasti dibeli. 

"Sanggupkah penipu itu menerima tangisan semua orang ditipu itu? Biarlah Tuhan yang memberi tindakan kepada oknum penipu itu sesuai perbuatannya," kata P.T. Pasaribu.

Adapun penipu itu selalu gonta-ganti nomor teleponnya jika sudah berhasil menipu seseorang. Awalnya penipu itu menggunakan nomor telepon 087866880767, setelah berhasi menipu P.T. Pasaribu, penipu mengganti nomor 087818241154. Lalu diganti lagi nomor baru 085656976469. 

Dan pada saat melakukan transfer pembayaran tiket murah pertama Rp 2.355.000, penipu itu menggunakan nomor rekening BRI 1379-0100-6741-355 a/n AHMAD IZUL ABDAI dengan kode Bank 02. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, komplotan oknum yang diduga penipu tiket pesawat murah itu berjumlah 6 orang dan bergentayang di Pulau Jawa, masing-masing mereka memiliki 4 nomor telepon. "Sehingga mereka kerap gonta-ganti nomornya. Para penipu ini mengatasnamakan IDN Tour yang beralamat di Medan," ujar sumber.

Korban penipuan ini pun berharap agar Polri segera bertindak cepat untuk menangkap para oknum-oknum penipu penjualan tiket tersebut, karena sudah banyak menjadi korbannya orang-orang tidak mampu. 

"Janganlah dibiarkan para penipu itu merajalela memanfaatkan kecanggihan teknologi sekarang," kata P.T. Pasaribu. (Timbul Sinaga)