Besok Dipastikan Tak Hadiri Pemeriksaan Polda, Jubir KPK Minta Firli Bahuri Tak Disebut Mangkir

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 6 November 2023 16:13 WIB
Kabag pemberitaan KPK, Ali Fikri [Foto: MI/Aswan]
Kabag pemberitaan KPK, Ali Fikri [Foto: MI/Aswan]

Jakarta, MI - Kepala Bagian (Kabag) pemberitaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri memastikan, Ketua KPK Firli Bahuri, tidak menghadiri pemeriksaan Polda Metro Jaya, sebagai saksi kasus dugaan pemerasan eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), pada Selasa (7/11)besok.

"Informasi yang kami peroleh sudah berkirim surat ke sana (Polda Metro Jaya), soalnya ada kegiatan di Aceh dalam rangka roadshow bus, dan juga Hakordia di Aceh," kata Ali Fikri dalam keterangannya, Senin (6/11).

Ali Fikri menyebut, Firli memilih untuk menghadiri kedinasan di Aceh besok.

"Kan saat ini posisi ada di Aceh, ya KPK di sana, teman-teman ada beberapa kegiatan yang dihadiri oleh ketua KPK nantinya, sehingga sudah berkirim surat untuk mengkonfirmasi ya ke ketidakhadiran," ujarnya. 

Dalam hal ini, Ali tak bersedia bila ketidahhadiran Firli besok disebut mangkir. Menurut Ali, sudah ada surat yang dikirimkan ke Polda Metro terkait ketidakhadiran Firli.

"Jadi bisa dibedakan teman-teman antara mangkir dengan konfirmasi. Mangkir itu tidak ada konfirmasi, jadi bukan mangkir, jadi kemudian seorang saksi dipanggil konfirmasi itu bukan mangkir," jelasnya.

"Kalau mangkir itu kalau tidak ada pemberitahuan, tidak ada konfirmasi," tandasnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mangkir dari pemeriksaan Polda Metro Jaya, terkait kasus dugaan pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo (SYL) pada, Jumat (20/10) dan Selasa (24/10) lalu.