Firli Bahuri Penuhi Pemeriksaan Kasus Pemerasan SYL di Bareskrim

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 16 November 2023 10:45 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri [Foto: RRI]
Ketua KPK Firli Bahuri [Foto: RRI]

Jakarta, MI - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli bahuri penuhi pemeriksaan, penyidik gabungan Bareskrim Polri dan Polda Metro Jaya, terkait kasus pemerasan pimpinan KPK ke eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), Kamis (16/11).

Wadirtipikor Bareskrim Polri Kombes Pol Arief Adiharsa, membenarkan bahwa Ketua KPK tersebut telah hadir. Namun, Arief tidak merinci soal kedatangan Firli.

"Saat ini sudah hadir," kata Arief saat dikonfirmasi, Kamis (16/11).

Firli Bahuri, lanjut Arief, saat ini dalam pemeriksaan di Ruang Riksa Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipidkor) Bareskrim Polri di Lantai 6 Gedung Bareskrim Polri.

"Dalam proses dimintai keterangan di lantai 6 ruang pemeriksaan Dit tipidkor," tandasnya.

Sebelumnya, Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, telah mengkonfirmasi kehadiran sebagai saksi kasus pemerasan oleh pimpinan KPK, terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), pada Kamis (16/11).

"Penyidik Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Jaya pada hari Selasa, 14 November 2023 telah menerima surat dari KPK RI terkait konfirmasi kehadiran FB selaku Ketua KPK RI untuk hadir memberikan keterangannya sebagai saksi di hadapan penyidik pada hari Kamis, tanggal 16 November 2023," kata Ade Safri, Selasa (14/11).

Ade Safri menjelaskan, rencanannya pemeriksaan tersebut dilakukan pada pukul 10.00 WIB, di Ruang Riksa Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipidkor) Bareskrim Polri di Lantai 6 Gedung Bareskrim Polri.