Motif Leon Dozan Aniaya Pacar Gegara Cemburu

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 17 November 2023 14:35 WIB
Aktor Leon Dozan [Foto: Tangkapan Layar]
Aktor Leon Dozan [Foto: Tangkapan Layar]

Jakarta, MI - Polres Metro Jakarta Pusat menangkap anak aktor laga Willy Dozan, yakni Leon Dozan (LD) terkait dugaan penganiayaan dan penistaan institusi Polri di kediamannya, kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan pada Kamis (16/11) pukul 22.00 WIB. 

"Tadi malam, kami sudah melakukan penangkapan terhadap tersangka LD pada pukul 22.00 WIB di rumahnya, daerah Cirendeu, Lebak Bulus, Jakarta Selatan," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kompol Susatyo Purnomo Condro di Polres Metro Jakarta Pusat, Jumat (16/11).

Dijelaskan Susatyo, pelaku melakukan penganiayaan kepada sang kekasih berinisial NZA, sebanyak dua kali di lokasi dan waktu yang berbeda. 

"Pertama dilakukan pada 30 September 2023 di Mal Cinere dan kedua, pada 7 November 2023 di kediaman korban yaitu di Jalan Biak, Gambir, Jakarta Pusat," ujarnya.

"Penganiayaan pakai tangan dan berdasarkan hasil visum ada terdapat luka pada korban, ada di bagian tangan, sekitar leher, paha," tambahnya.

Adapun motif penganiayaan, lanjut Susatyo, karena faktor cemburu setelah melihat isi pesan dan sebagainya, sehingga tersangka melakukan penganiayaan dan kekerasan kepada korban.

Tersangka kini sudah menggunakan baju tahanan warna oranye, dan ditahan di Polres Metro Jakarta Pusat.

"Dijerat dengan Pasal 351 KUHP atau penganiayaan dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara," imbuhnya. 

Selain itu, LD juga dikenakan pasal berlapis yakni Pasal 207 KUHP tentang penghinaan dengan tulisan dan lisan terhadap penguasa atau badan umum di Indonesia.

"Pelaku menghina kepolisian lantaran terbawa emosi. Karena yang bersangkutan cemburu dan sebagainya, karena korban ingin melaporkan kepada polisi, kemudian tersangka menantang untuk korban melaporkan pada polisi dengan semua umpatan-umpatan pada institusi Polri," tandasnya.
 
Sebelumnya, viral di media sosial, video diduga aktor Leon Dozan melakukan penganiayaan terhadap kekasihnya, Rinoa Aurora. 

Video yang beredar itu, turut dibagikan Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni. Ia mengunggah video viral itu, di akun Instagramnya.

Dalam video tersebut, terlihat pria diduga Leon Dozan mengaitkan tangannya di leher sang pacar. Korban juga terlihat mengalami sejumlah luka, diduga akibat penganiayaan. 

Selain itu, terlihat Leon juga memberikan kalimat ancaman seperti tidak takut jika dilaporkan ke polisi.

"Oo mau dilaporin? ke polisi? biar aku dipenjara? Gapapa aku ga takut, polisi Anj***, polisi ng*****!," ujar Leon melalui video tersebut.

Sembari mengunci leher Rinoa dengan lengannya, Leon terlihat tersenyum beberapa kali namun beberapa detik kemudian, ekspresinya berubah menjadi marah.