Polisi Geledah Apartemen di Jaksel Diduga Milik Firli Bahuri, Petugas Keamanan Beberkan Hal Ini

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 5 Desember 2023 18:52 WIB
Petugas keamanan saat berjaga-jaga di gerbang Apartemen (Foto: MI/Aswan)
Petugas keamanan saat berjaga-jaga di gerbang Apartemen (Foto: MI/Aswan)

Jakarta, MI - Polisi menggeledah unit Apartemen yang diduga milik Ketua Komisi Pemberantasan (KPK) non aktif Firli Bahuri di kawasan Apartemen Essence Darmawangsa, Jalan Darmawangsa X, nomor 86, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (Jaksel), Selasa (5/12).

Giat penggeledahan ini sebelumnya tidak diketahui awak media.

Namun setelah dicek memang benar bahwa penggeladah itu dilakukan oleh penyidik gabungan Polri ihwal pengusutan kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK terhadap eks Mentan, Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Berdasarkan pantauan Monitorindonesia.com, tim gabungan itu keluar dari Apartemen tersebut sekitar pukul 14.45 WIB. Terdapat lima mobil yang memasuki kawasan Apartemen tersebut.

Adapun pintu akses utama menuju kawasan apartemen mewah itu dijaga ketat oleh security gedung.

Terpantau pula security sedang berjaga di gerbang gedung itu.

Namu tak mengizinkan awak media untuk dapat memantau kegiatan penggeledahan yang dilakukan pihak kepolisian. 

Terlihat mobil polisi berbentuk hiace membawa koper saat keluar dari apartemen tersebut. Koper besar itu berwarna gelap. 

Namun, belum diketahui apa saja yang di sita Polisi, lantaran kaca mobil Ditreskrimsus Polda Metro Jaya tersebut berwarna gelap.

Selain koper, terdapat dua orang yang posisinya di bangku sopir dan bangku penumpang bagian depan, lalu ada juga sejumlah orang duduk di bagian penumpang tengah. 

Mereka tampak mengenakan kemeja berwarna putih. Hanya saja, tak pasti berapa jumlah orang di dalam mobil itu.

Tidak ada statement dari pihak kepolisian, saat awak media mencoba bertanya.

Setelah itu, awak media terus mencari informasi apakah benar Firli Bahuri memilih unit di Apartemen tersebut.

Salah seorang security apartemen yang tidak mau disebutkan namanya saat ditemui awak media mengaku bahwa dirinya tak mengetahui jika Firli Bahuri memiliki unit di Apartemen Essence Darmawangsa. 

"Saya tidak terlalu tahu benar tidaknya pak Firli disini, karena kalau pejabat lewat juga saya juga tidak paham betul siapa-siapanya saja," katanya.

Kendati, ia mengklaim bahwa banyak pejabat yang kerap keluar masuk apartemen, hanya saja dia tak hapal siapa saja pejabat-pejabat tersebut. 

Tetapi, dia menyebut tak tahu pasti benar tidaknya Firli memiliki apartemen di kawasan tersebut.

"Saya tak tahu pasti ada tidaknya penggeledahan di apartemen tersebut. Saya hanya berjaga di area depan pintu masuk apartemen saja untuk mengkonfirmasi tujuan tiap tamu yang datang," katanya.

Berdasarkan penelusuran Monitorindonesia.com, Firli Bahuri tidak melaporkan apartemen diduga miliknya di daerah Jakarta Selatan dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) terbaru pada 20 Februari 2023.

Apartemen dimaksud baru saja digeledah pada hari ini.

Di hari yang sama pula, Firli Bahuri menjalani pemeriksaan ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK terkait dugaan pelanggaran etik pertemuan dan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo.

Selesai diperiksa Dewas KPK, Firli Bahuri, yang mengenakan kemeja biru muda, tampak tersenyum sambil masuk ke mobil, ia pun irit bicara soal pemeriksaannya.

"Terima kasih ya," ujar Firli saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (5/12).

Sebelumnya, Firli tiba di Gedung Dewas KPK, Jakarta Selatan, sekitar pukul 09.37 WIB. Dia menyebut kedatangannya untuk memenuhi panggilan Dewas KPK.

Saat tiba di Dewas KPK, Firli juga tidak banyak bicara. Dia justru bergegas masuk ke dalam gedung setelah turun dari mobil. Firli mengatakan datang untuk memenuhi panggilan Dewas KPK.

"Saya datang memenuhi panggilan Dewas, nanti saya sampaikan setelah itu," ungkapnya.

Diketahui, panggilan ini merupakan pemeriksaan lanjutan Firli. Dia pernah diperiksa oleh Dewas KPK pada Senin (20/11). Saat itu, dia menjalani pemeriksaan selama 3 jam. (Wan)