Soal Mutasi Ratuasan Perwira, AS SDM Kapolri: Penyegaran Organisasi

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 28 Desember 2023 20:39 WIB
Asisten Kapolri bidang SDM, Irjen Dedi Prasetyo (Foto: MI/Repro)
Asisten Kapolri bidang SDM, Irjen Dedi Prasetyo (Foto: MI/Repro)

Jakarta, MI - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi, rotasi, dan promosi sejumlah perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) Polri. 

Mutasi itu tertuang dalam tiga surat telegram. Ketiga surat telegram itu yakni ST/2864/XII/KEP./2023 sebanyak 60 personel, ST/2865/XII/KEP./2023 sebanyak 337 personel, dan ST/2866/XII/KEP./2023 sebanyak 86 personel. 

 Asisten Kapolri bidang SDM, Irjen Dedi Prasetyo mengatakan bahwa mutasi untuk menyegaran organisasi. "Mutasi merupakan hal yang alamiah dalam organisasi untuk pengisian yang purnabakti, digangti, promosi jabatan, tour of area and of duty, dan penyegaran organisasi," kata Irjen Dedi Prasetyo, kepada wartawan, Kamis (28/12).

Sedikit merangkum, bahwa dalam mutasi itu, Irjen Setyo Budiyanto yang dipindahkan dari Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) menjadi Pati Itwasum Polri dalam rangka persiapan penugasan luar struktur.

Kemudian, Sigit menunjuk Staf Ahli Kapolri Bidang Sosial dan Politik Irjen Yudhiawan Wibisono untuk mengisi posisi Kapolda Sulut.

Lalu, Brigjen Ahmad Ramadhan yang sebelumnya menjabat Karo Penmas Divisi Humas Polri, kini dipercayakan untuk menjabat sebagai Wakapolda Lampung.

Selanjutnya, Sigit juga merotasi Brigjen Hadi Gunawan yang sebelumnya ditempatkan di Kemenko Polhukam sebagai Staf Ahli Kapolri Bidang Sosial dan Politik yang baru.

Selain itu Listyo turut merotasi Koordinator Staf Ahli Kapolri Irjen Risyapudin Nursin dalam rangka persiapan luar struktur. Posisi Risyapudin kemudian digantikan oleh Irjen Eddy Sumitro Tambunan.