Kapolri Ungkap Pekembangan Kasus Ledakan Smelter PT ITSS

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 30 Desember 2023 20:15 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Foto: Dok MI)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Foto: Dok MI)

Jakarta, MI - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan perkembangan penyelidikan kasus ledakan di Smelter PT ITSS, Morowali, Sulawesi Tengah, terus berjalan. Saat ini proses penyelidikan dilakukan tim gabungan Bareskrim Polri dan Polda Sulawesi Tengah.

"Sampai hari ini masih proses pemeriksaan, baik oleh Labfor demikian juga pemeriksaan oleh rekan-rekan reserse gabungan dari Polda dan Bareskrim," ungkap Kapolri Sigit kepada wartawan, Sabtu (30/12).

Menurut Sigit, saat ini pihak kepolisian masih terus mendalami insiden ledakan di Smelter tersebut. Dia meminta kepada masyarakat untuk menunggu hasil dari proses penyelidikan yang sedang berjalan. "(Penyelidikan) masih berlanjut, jadi ditunggu saja hasilnya," ujarnya.

Untuk diketahui, ledakan tungku smelter di PT ITSS terjadi pada Minggu (24/12) sekitar pukul 05.30 Wita. Ledakan terjadi tepatnya di lantai dua dan lantai tiga kawasan smelter PT ITSS.

Sebanyak 59 orang dilaporkan menjadi korban ledakan maut tersebut yang 19 di antaranya tewas. Sementara masih ada 40 pekerja luka berat dan ringan yang masih menjalani perawatan.

Korban tewas masing-masing 11 pekerja Indonesia, sementara 8 lainnya tenaga kerja asing (TKA) asal China.