Istri Sah Labrak Suami Pilot Citilink Selingkuh dengan Pramugari, Kriminolog Singgung Jam Terbang

Aswan LA
Aswan LA
Diperbarui 30 Desember 2023 19:21 WIB
Pesawat Citilink (Foto: MI/Aswan)
Pesawat Citilink (Foto: MI/Aswan)

Jakarta, MI - Media sosial sedang dihebohkan dengan kasus dugaan perselingkuhan seorang Pilot Citilink dengan Pramugari, Bella Damaika. Pilot itu adalah Elmer Syaherman yang perselingkuhannya dibongkar sang istri, Ira Nandha, lewat unggahan di laman medsosnya (Instagram).

Kriminolog Universitas Indonesia (UI) Kurnia Zakaria, menilai bahwa kasus ini sudah jelas harus ada sanksi etika dan pelanggaran berat asusila perusahaan Citilink sebagai anak perusahaan holding company maskapai PT Garuda Indonesia Tbk. (Persero). 

Menurut Kurnia juga, bila ada pelaporan istri Pilot ke Pengadilan menggugat cerai baik ke Pengadilan Agama atau Pengadilan Negeri untuk dibuatkan akte cerai. Atau sanksi pidana pasal 284 KUHP juncto pasal 411 ayat  (1) KUHP diancam pidana paling lama 6 bulan penjara, sedangkan Pasal 411 ayat (1) UU Nomor 1/2023 dipidana paling lama 1 tahun penjara atau denda kategori ll paling banyak Rp 10 juta. 

Sanksi perdatanya, lanjut Kurnia, biasanya tidak perwalian anak jatuh pada ibunya dan dikabulkan gugatan harta gono gininya.

"Bila istri sampai berkomentar menyebar berita aib keluarga lewat akun media sosialnya agar ada keberatan dari si pelaku dan mungkin sudah kesal dengan bantahan pelakor sang pramugari," jelas Kurnia kepada Monitorindonesia.com, Sabtu (30/12).

Efek Domino Putusan MK Perpanjangan Masa Jabatan Kepala Daerah

"Tetapi hubungan perselingkuhan yang "diketahui" 6 kali. Juga agar pihak citilink memberi sanksi berat pemecatan terhadap pilot dan pramugari yang berselingkuh itu. Karena banyak rumor agar dapat jatah terbang pramugari harus "dekat atau intim" dengan crew," sambungnya.

Kurnia pun menyinggung Direktur Utama (Dirut) Garuda Indonesia diduga mempunyai hubungan "khusus" dengan pramugari sehingga dapat fasilitas tunjangan kecantikan dan oplas di luar negeri.

Artinya, tegas Kurnia, Citilink harus tegas karena nama baik perusahaan harus profesional dan kredibilitas. "Jadi jangan disalahkan anggapan profesi pramugari perempuan ekstra (bispak). Ini juga demi nama baik pilot dan pramugari citilink sendiri. Harus ada larangan terbang cukup kerja di administrasi (yanma/non job)," bebernya.

"Artinya kalau sampai 6 kali diketahui artinya bisa saja hubungan terlarang sudah lebih dari 10 kali. Dan  bila tidak ada sanksi nanti media sosial dianggap ajang curhat dan fitnah serta berita bohong serta panjat sosial," timpal Kurnia. 

Terakhir, Kurnia menambahkan, bahwa UU ITE digunakan untuk menakut nakutin masyarakat yang ingin menyampaikan uneg-unegnya karena tidak tahu harus mengadu pada siapa. "Terbukti citilink bereaksi setelah beritanya viral," kunci Kurnia Zakaria.

Sebelumnya, media sosial dihebohkan kasus perselingkuhan seorang pilot dengan pramugari itu. Dilabrak sang istri, Ira Nandha karena mengaku sudah tidak tahan dengan sikap sang suami yang berkali-kali kepergok selingkuh dengan wanita yang sama.

Lewat unggahannya di instagramnya, Ira Nandha mengungkapkan beberapa foto dari percakapan bernada mesum yang dilakukan Elmer dengan pramugari bernama Bella Damaika.

"Teman teman maaf ya, aku sebenarnya gak suka melakukan ini tp aku udah gak bisa tahan lagi. 6x ketahuan. 5x dgn orang yg sama, 1x org yg berbeda. dari awal nikah udah di s3lingkuhin dgn org yg sama dan selalu aku tutupin," ungkapnya.

Sempat bertahan selama empat tahun, Ira Nandha mengaku kali ini sudah tidak tahan dengan sikap Elmer dan enggan tutup mata lagi soal perselingkuhan. "Aku berhasil bertahan 4 tahun ini dgn diam🤗 kali ini aku hancur, tapi aku gamau hancur sendirian. kita rasain bareng bareng ya❤️," sambungnya.

Keputusan Ira Nandha untuk membongkar perselingkuhan sang suami ini pun setelah dirinya mendapat petunjuk usai bermunajat kepada Tuhan.

"Dengan kekuatan istikharah, gak nyampe 10 menit aku minta petunjuk, Allah langsung kasih dengan mudah tanpa perantara," tukasnya. (Wan)

Berita Pilot selingkuh dengan Pramugari Citilink ada di sini