Aiman Dipastikan Hadir Pemeriksaan Hari Ini

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 26 Januari 2024 09:32 WIB
Juru Bicara TPN Ganjar-Mahfud, Aiman Witjaksono [Foto: Instagram/@aimanwitjaksono]
Juru Bicara TPN Ganjar-Mahfud, Aiman Witjaksono [Foto: Instagram/@aimanwitjaksono]
Jakarta, MI - Polda Metro Jaya menjadwalkan pemeriksaan terhadap Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud MD, Aiman Witjaksono, terkait pernyataan aparat tidak netral dalam Pemilu 2024, hari ini Jumat (26/1).

Aiman memastikan hadir dalam pemeriksaan tersebut.

"Saya siap datang," kata Aiman, Kamis (25/1).

Aiman mengaku tak mempunyai persiapan khusus saat pemeriksaan. Sejumlah barang bukti telah ia sampaikan, saat ia diperiksa awal Desember 2023 lalu.

"Bukti bukti kan sudah saya sampaikan pada pemeriksaan pertama," tandasnya.

Polda Metro Jaya menerima enam laporan polisi terhadap Aiman buntut pernyataannya, yang menyinggung soal ketidaknetralan aparat pada Pemilu 2024.

Usai memeriksa terlapor, para saksi, hingga ahli, penyidik lantas melakukan gelar perkara dan menaikkan kasus tersebut ke tahap penyidikan

Dalam gelar perkara itu, polisi juga memutuskan tidak menerapkan UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dalam perkara ini.

Dengan demikian, dalam proses penyidikan ini penyidik fokus mendalami unsur terkait dugaan pelanggaran Pasal 14 dan pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946.

"Terkait dengan barang siapa yang menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong baik itu disengaja untuk menimbulkan keonaran, ataupun terkait penyiaran berita tidak lengkap yang diduga patut menimbulkan keonaran dalam masyarakat," kata Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Senin (8/1).