Sosok Crazy Rich Helena Lim Tersangka Baru Korupsi Komoditi Timah

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 26 Maret 2024 20:54 WIB
Helena Lim mengenakan rompi tahanan Kejagung digiring ke rutan Salemba, Jakarta Pusat, cabang Kejagung (Foto: Istimewa)
Helena Lim mengenakan rompi tahanan Kejagung digiring ke rutan Salemba, Jakarta Pusat, cabang Kejagung (Foto: Istimewa)

Jakarta, MI - Penyidik dari Kejaksaan Agung (Kejagung) masih terus menyelidiki aliran dana yang terkait dengan korupsi tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015-2022.

Pada hari ini, Selasa (26/3/2024) Kejagung kembali menetapkan tersangka baru atau tersangka ke 15 dalam kasus ini. Adalah Crazy Rich Helena Lim. Dia langsung di tahan ke Rutan Salemba cabang Kejaksaan Agung selama 20 hari ke depan. 

Adapun Helena Lim dikenal sebagai seorang pengusaha kaya dengan kekayaan yang berlimpah. Dia juga telah beberapa kali terlibat dalam kontroversi lainnya, yang membuat banyak orang penasaran akan profilnya sebagai seorang Crazy Rich PIK.

Helena yang Lim lahir pada tanggal 19 November 1976 itu beragama Kristen dengan profesi sebagai pengusaha, model hingga penyanyi.

Sebagai seorang crazy rich, memiliki sebuah hunian mewah tentu saja tidak mengherankan. Tempat tinggal Helena yang terletak di kawasan PIK dihiasi dengan beragam ornamen berlian, dengan lantai yang langsung diimpor dari Italia.

Kolam renangnya dirancang oleh seorang arsitek ternama yang terinspirasi oleh karya Da Vinci, sementara sekitarnya dihiasi dengan lukisan-lukisan impor bergaya klasik. Di dalam rumahnya, Helena juga memiliki sebuah salon eksklusif.

Dari saluran YouTube Boy William, Helena menyampaikan bahwa keluarganya tidak termasuk dalam kategori orang kaya. Bahkan setelah kepergian ayahnya, mereka hanya memiliki satu rumah kecil dan ibunya harus bekerja keras agar dapat membiayai pendidikannya hingga menyelesaikan SMA.

Setelah menyelesaikan pendidikan menengahnya, Helena mencari cara untuk mendanai sekolahnya sendiri. Bahkan, dia pernah bekerja di bank, sebagai sekretaris, dan di bidang pemasaran.

Helena mengakui kesukaannya dalam mengoleksi tas bermerk, seperti Hermes. Bahkan, dia menyiapkan area khusus untuk koleksinya yang tidak bisa diakses oleh sembarang orang.

Selain itu, dia juga gemar mengumpulkan berbagai mobil mewah, salah satunya adalah McLaren. Helena bahkan menjadi anggota aktif di sebuah klub mobil mewah dan sering berbagi kegiatan klub tersebut melalui saluran YouTube pribadinya.

Helena dikenal memiliki banyak teman dari kalangan artis. Satu di antaranya adalah Maia Estianty, yang sudah dikenalnya sejak sebelum menikah dengan Irwan Mussry. Sebagai seorang ibu tunggal, Helena melihat kesamaan dalam dirinya dengan sosok wanita yang akrab disapa sebagai bunda Maia tersebut.

Hubungannya dengan para selebriti terlihat saat dia merayakan ulang tahun pada tahun 2019. Terlihat bahwa dia mengundang beberapa selebriti seperti Mike Lewis, Aming, Maia Estianty, Iis Dahlia, dan Yuni Shara.

Helena sempat berkecimpung di dunia musik dengan mengeluarkan beberapa lagu, termasuk lagu Pasrah yang dibawakan bersama Tifanny Leonardy. Untuk pembuatan video klip lagu ciptaan Ade Govinda tersebut, Helena berkolaborasi dengan Mike Lewis sebagai model.

Identitas Helena Lim pun terkenal sebagai sosok kaya raya yang eksentrik di kawasan PIK. Walaupun telah menjadi seorang janda, Helena Lim merupakan seorang pengusaha sukses dengan kekayaan melimpah yang diperoleh dari bisnis yang dimilikinya.

Helena Lim memiliki reputasi yang kuat dalam transaksi jual beli dolar hingga properti. Berkat dedikasinya, ia dipercaya sebagai broker oleh para klien yang mengandalkannya.

Helena Lim merupakan sosok pengusaha kaya raya. Ia diketahui menganut agama Kristen. Selain itu, Helena Lim juga ternyata merupakan sosok single parent yang dikaruniai empat orang anak. Ia mengaku pernikahannya kandas dalam perceraian.

Berita Terkait