MAKI Dorong Kejagung Sita Semua Uang yang Disimpan Sandra Dewi, Diduga Hasil Korupsi Suaminya

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 4 April 2024 12:21 WIB
Boyamin Saiman (Foto: MI/Aswan)
Boyamin Saiman (Foto: MI/Aswan)

Jakarta, MI - Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) menegaskan bahwa, sudah seharusnya dan semestinya penyidik Kejagung memeriksa artis Sandra Dewi, karena apapun dia sebagai istri Harvey Moeis sebagai tersangka kasus dugaan korupsi timah Rp 271 triliun. 

Boyamin Saiman, Koordinator MAKI mengatakan, berdasarkan catatan media sosial Sandra Dewi diduga mendapat hadiah berupa mobil dan lain-lain dan bahkan hadiah private jet atau jet pribadi yang nialinya sangat mahal.

"Dari sisi itu, kalau istri Harvey Moeis itu diduga memperoleh terkait dengan dugaan korupsi, harus dilacak uang-uangnya dan dimintai keterangan, minimal dia betul menerima aliran dana, soal dia tau atau tidak tau asal itu urusan lain," ujar Boyamin kepada Monitorindonesia.com, Kamis (4/4/2024).

Lalu, kata dia, apakah dia tahu kerjaan suaminya dan apaka tahu uang itu asalnya dari mana. "Kalau memang betul menerima aliran uang dan kemudian tidak tahu kerjaan suaminya itu, detailnya apa termasuk artinya dugaan penyimpanan-penyimpanannya. Tapi jika tidak tahu asalnya dari mana uang ya berarti setidaknya Sandra Dewi adalah statusnya sebagai saksi namun ada konsekuensi lain bahwa uang-uang yang disimpan dan dikelola oleh Sandra Dewi bisa disita oleh Kejaksaan," beber Boyamin.

Karena, tegas dia, memang itu diduga dari perbuatan korupsi "maka selain memastikan keberadaan dan statusnya Sandra Dewi, apakah dia hanya saksi atau sama sekali tidak tahu atau diduga ikut terlibat,  itu perlu didalami".

Kemudian yang berkaitan dengan uang, tegas dia lagi, apapun itu harus disita oleh Kejaksaan, karena diduga dari kejahatan. "Untuk proses pengembalian kerugian keuangan negara atau uang pengganti nanti," katanya Boyamin.

Kendati, Boyamin menghormati Sandra Dewi hari ini hadir dan mendesak Kejagung untuk mendalami keterlibatannya. "Apakah kemungkinan Sandra Dewi bisa diduga terlibat ya tergantung penyidik mampu mencari alat bukti atau tidak".

"Tapi yang paling utama adalah penyidik harus menyita harta-harta yang pernah diserahkan oleh Harvey kepada Sandra Dewi selain mobil yang kemarin juga rekening-rekening yang berisi uang, harus diblokir," tandas Boyamin.