Siapa Calon Kuat Pengganti Komjen Pol Suntana Memimpin Baintelkam Polri?

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 9 Mei 2024 21:59 WIB
Komjen Pol Suntana (Foto: Ist)
Komjen Pol Suntana (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2024 sudah terlaksana dengan baik, walaupun ada yang tidak terima dengan hasil pilpres namun tidak memberikan dampak yang cukup berarti terhadap keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Tentu keberhasilan tersebut karena peran serta semua pihak, terutama pihak kepolisian secara khusus keberhasilan Badan Intelijen Keamanan Kepolisian Republik Indonesia. 

"Tentu tidak terlepas dari kepemimpinan Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri serta kepemimpinan Komjen Pol Suntana selaku Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri," kata Direktur Rumah Politik Indonesia, Fernando Emas kepada Monitorindonesia.com, Kamis (9/5/2024).

Masih ada lagi tugas berat kedepan yang masih harus dikerjakan oleh pihak aparat keamanan menjaga pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) yang dilakukan serentak agar berlangsung dengan aman.

Komjen Pol Suntana pada awal Juni tahun ini akan memasuki masa pensiun. "Sehingga sangat penting bagi Kapolri Listyo Sigit Prabowo mengangkat calon pengganti Suntana memang orang yang memiliki kemampuan dan latar belakang intelijen agar mampu mengawal pilkada berlangsung dengan baik tanpa ada gangguan yang sangat berarti," bebernya.

Direktur Rumah Politik Indonesia, Fernando Emas (Foto: Ist)
Fernando Emas

Dari beberapa nama perwira tinggi yang sudah berpangkat Irjen, ada beberapa yang berpotensi dan tepat menggantikan Suntana untuk memimpin Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Polri. 

Antara lain ada Irjen Merdisyam yang Waka Baintelkam Polri, Irjen Pol Achmad Kartiko yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Aceh.

Selain itu Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi dan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto juga berpeluang memimpin Baintelkam Polri pasca kepemimpinan Komjen Pol Suntana.

"Tentu semua memiliki peluang yang sama memimpin Baintelkam Polri, namun kembali lagi tergantung pada penilaian Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo siapa yang dianggap mampu mengemban dan melaksanakan tugas dengan baik terutama mengawal pelaksanaan pilkada serentak tahun ini," ungkapnya.

Kalau melihat latar belakang keempat para perwira tinggi polri tersebut, Merdisyam sebagai Waka Baintelkam tentu sangat layak menggantikan Komjen Pol Suntana. 

"Tentu keberhasilan Komjen Pol Suntana dalam memimpin Baintelkam Polri mengawal pemilu serentak pada 14 Februari yang lalu juga berkat peran serta Komjen Pol Merdisyam," cetusnya.

Selain itu, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi juga berpeluang menggantikan menjadi Kepala Baintelkam Polri walaupun usia pensiunnya hanya tinggal hitungan bulan.

Selain itu, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit juga berpeluang memperpanjang usia pensiun Komjen Pol Suntana karena dianggap berhasil mengawal pemilu yang lalu terutama pilpres.

"Siapapun nanti yang akan diputuskan oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo pengganti Komjen Pol Suntana, tentu salah satu perwira tinggi terbaik polri yang mampu mengawal dan mengamankan pilkada serentak dengan baik dan sukses," tutupnya.