Rapat dengan LPSK, Legislator Komisi III Singgung Kasus Vina

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 24 Juni 2024 11:52 WIB
Komisi III gelar rapat kerja dengan Ketua LPSK (Foto: MI/Dhanis)
Komisi III gelar rapat kerja dengan Ketua LPSK (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Anggota Komisi III DPR RI Adde Rosi Khoerunnisa, menyinggung soal kasus Vina Cirebon saat rapat kerja (raker) dengan Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/6/2024). 

Kata Adde, selain kasus Vina yang menyita perhatian publik, kasus kekerasan yang dilakukan oleh oknum-oknum pejabat juga kerap menyita perhatian publik. 

"Saya berharap bahwa LPSK ini (memberikan perlindungan) dengan banyaknya kasus-kasus viral saat ini terkait dengan kasus vina, dan kasus-kasus kekerasan seksual yang menyita perhatian publik yang dilakukan oleh para oknum pejabat di Indonesia ini," katanya di ruang rapat Komisi III DPR RI. 

Sebab itu, Adde mempertanyakan soal sejauh mana langkah LPSK dalam memberikan perlindungan terhadap kasus-kasus yang viral belakangan ini. 

"Apa yang sudah LPSK lakukan dalam rangka memberikan perlindungan saksi dan korban dari kasus-kasus yang saat ini sedang ramai di masyarakat," ujarnya. 

Apalagi kata dia, kasus kekerasan seksual kerap meningkat di setiap tahunnya. Untuk itu, ia meminta LPSK agar benar-benar memberikan perhatian khusus. 

"Saya sebagai perempuan di Komisi III berharap khusus untuk TPKS (tindak pidana kekerasan seksual) ada perhatian khusus karena setiap tahun kasus-kasus TPKS ini bertambah, belum lagi kasus-kasusnya menyita perhatian publik," pungkasnya. 

Adapun raker tersebut membahas evaluasi kinerja dan capaian LPSK TA 2023, rencana kerja LPSK TA 2024 dan strategi pencapaiannya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (23/6/2024). 

Selain itu, dalam raker ini juga membahas terkait program penguatan mekanisme nasional dan program optimalisasi pemulihan korban pelanggaran HAM berat masa lalu.