Kejagung Sebut Suami Sandra Dewi hanya Penumpang Pesawat Jet Pribadi

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 28 Juni 2024 19:15 WIB
Harvey Moeis mengenakan rompi tahanan Kejagung (Foto: Dok MI)
Harvey Moeis mengenakan rompi tahanan Kejagung (Foto: Dok MI)

Jakarta, MI - Kejaksaan Agung (Kejagung) masih terus melakukan penelusuran aset para tersangka yang diduga didapatkan dari hasil korupsi PT Timah, termasuk suami Sandra Dewi, Harvey Moeis.

Sejumlah mobil mewah Harvey Moeis sudah disita, termasuk dua diantaranya adalah hadiah ulang tahun untuk Sandra Dewi.

Salah satu yang terus dipertanyakan adalah soal jet pribadi yang disebut dibeli Harvey untuk hadiah untuk ultah putra pertamanya. 

Jet pribadi itu sempat heboh pada 2019 karena unggahan seorang kerabat yang mengaku ikut menjajal jet pribadi tersebut.

Kendati, Kejagung menyatakan bahwa Harvey Moeis hanya sebatas penumpang pesawat jet pribadi.

Harvey Moeis adalah salah satu tersangka kasus dugaan korupsi timah Rp 300 triliun dan tindak pidana pencucian uang (TPPU)-nya.

 Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Harli Siregar mengatakan, Harvey Moeis bukanlah pemilik ataupun penyewa jet tersebut. 

"Kaitannya dengan tersangka HM hanya sebatas penumpang," kata Harli kepada wartawan, Jum'at (28/6/2024).

Sebelumnya, Direktur Penyidikan JAM Pidsus Kejaksaan Agung, Kuntadi menjelaskan sampai mana penelusuran perihal pesawat pribadi yang disebut sebagai hadiah ulang tahun untuk anak pertama Sandra Dewi dan Harvey Moeis.

"Penelusuran tersebut juga meliputi sebagaimana kita ketahui ada rumor tentang pesawat yang dimiliki oleh tersangka HM. Sampai saat ini masih kita telusuri dan masih kita uji kebenarannya," kata Kuntadi saat menggelar jumpa pers virtual dari Kantor Kejaksaan Negeri Purwokerto, Jawa Tengah, Rabu (15/5/2024) malam.

Kejagung mencari tahu soal tipe, kepemilikan, tahun perolehan, nama, nomor teregistrasi, dan di mana jet pribadi diduga milik Harvey Moeis itu kini berada atau disimpan.

Sedangkan Sandra Dewi pada wawancara 26 Juni 2019 mengaku tak tahu soal hadiah tersebut karena bukan dirinya yang membeli.

"Aduh, saya nggak pernah nge-post kan? Kalau itu papanya, bukan ibunya," ujar Sandra Dewi saat ditemui di Toko Buku Gramedia, Matraman, Jakarta Timur.