5 Jaksa Maju Capim KPK, Ada Kapuspenkum hingga Ketut Sumendana

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 16 Juli 2024 2 jam yang lalu
Kapuspenkum Kejagung Harli Siregar (Foto: Istimewa)
Kapuspenkum Kejagung Harli Siregar (Foto: Istimewa)

Jakarta, MI - Sebanyak lima jaksa aktif mendaftarkan diri sebagai Calon Pimpinan Komisi Pemberantas Korupsi (Capim KPK) dari kalangan Jaksa.

"Dari Jaksa ada lima orang (Calon Pimpinan Komisi Pemberantas Korupsi)," kata Kapuspenkum Kejaksaan Agung Herli Siregar, Selasa (16/7/2024).

Harli menyebut, kelima jaksa aktif yang mendaftar sebagai capim KPK, yakni Sugeng Purnomo yang saat ini bertugas sebagai Plt Deputi III Kemenkopolhukam. Kemudian Andi Herman saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Sesjampidsus).

Ketiga, Herli Siregar yang merupakan Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaam Agung. Ketut Sumedana, Kepala Kejaksaan Tinggi Bali, dan Fitroh Rohcahyanto yang juga pernah menjadi mantan Direktur Penuntutan KPK.

Harli mengatakan, Kejagung sudah memberi izin pada kelimanya untuk mendaftar capim KPK tersebut. Mereka juga telah melalui seleksi internal guna memastikan kelaikan.

Sebelumnya, pendaftaran calon pimpinan (capim) dan Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) telah ditutup, Senin (15/7/2024) tengah malam. Sejak dibuka pada 26 Juni hingga 15 Juli 2024, tercatat sebanyak 525 orang mendaftar.

"Dengan rincian jumlah pendaftar capim sebanyak 318 orang terdiri dari 298 laki-laki dan 20 perempuan. Jumlah pendaftar calon Dewas 207 orang terdiri dari 184 laki-laki dan 23 perempuan," kata Wakil Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Capim dan Dewas KPK, Arif Satria kepada wartawan, Selasa (16/7/2024).